Penerapan Partial Least Square-Path Modeling (PLS-PM) Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank BRI Unit Bacem Kantor Cabang Blitar)

Ardha, Dhamas Ayu (2017) Penerapan Partial Least Square-Path Modeling (PLS-PM) Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah Bank BRI Unit Bacem Kantor Cabang Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan yang baik pada suatu bank mampu menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah sehingga diharapkan mampu mendorong perkembangan dan mendatangkan keuntungan bagi bank itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan loyalitas nasabah dan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung faktor-faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan Partial Least Square-Path Modeling (PLS-PM) menggunakan data skor dan data interval. Data pada penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 97 nasabah Bank BRI Unit Bacem sebagai responden di mana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling. Dari hasil analisis menggunakan data skor maupun data interval diperoleh hasil evaluasi dari outer model bahwa 30 variabel manifes yang digunakan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam membentuk model loyalitas nasabah. Sedangkan hasil evalusi inner model pada data skor dan data interval diperoleh nilai Q2 masing-masing sebesar 0,743 dan 0,749. Pada pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa variabel laten kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah, namun variabel laten kepuasan nasabah tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah sehingga dapat dikatakan bahwa variabel laten kepuasan nasabah pada penelitian ini tidak mampu menjadi perantara antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah di Bank BRI Unit Bacem. Dengan demikian dalam penelitian ini model loyalitas nasabah yang dapat dibentuk terdiri dari dua inner model dan tiga outer model.

English Abstract

A good quality service in a bank is able to create customer satisfaction and loyalty so it is expected to encourage the development and bring benefit for the bank itself. This research aims to perform the modeling of customer loyalty and to know the influence of direct and indirect factors that impact customer loyalty with Partial Least Square-Path Modeling (PLS-PM) using score data and interval data. The data on this research obtined by distributing quesionnaires to 97 costumers of Bank BRI Unit Bacem as respondents which sampling teqnique used judgement sampling. The result of the analysis using both score data and interval data obtined evaluation result of outer model that from 30 manifest variables which used in this research are valid and can be used to forming of customer loyalty models. While the evaluation result of inner model on score data and interval data obtined Q2 respectively 0,743 and 0,749.the result of hypotheis testing is latent variable of service quality give significant influence to customer satisfaction and loyalty, but latent variable of customer satisfaction does not give significant influence to customer loyalty so it can be said that latent variable of customer satisfaction in this research is not able to be an intermediary between service quality and customer loyalty in Bank BRI Unit Bacem. Thus in this research, customer loyalty model that can be formed consist of two inner model and three outer model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/286/051706147
Uncontrolled Keywords: Variabel Laten, PLS-PM, Outer Model, Inner Model
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.535 Multivariate analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:43
Last Modified: 24 Nov 2021 02:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4116
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item