Analisis Kelayakan Organisasional Dalam Melaksanakan Inovasi Pelayanan Publik (Studi Di Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Bandung)

Hermawati, Akmalia (2017) Analisis Kelayakan Organisasional Dalam Melaksanakan Inovasi Pelayanan Publik (Studi Di Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Bandung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Sabilulungan merupakan sebuah pembaharuan atau inovasi pelayanan publik dalam bidang penyaluran dana hibah dan bantuan sosial kepada masyarakat. Sebagai sebuah pelayanan publik, program Sabilulungan telah mampu memberikan berbagai kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sehingga penyaluran dana hibah dan bantuan sosial kepada masyarakat dapat lebih akuntabel dan transparan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan organisasional Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dalam melaksanakan inovasi program Sabilulungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus yaitu: (1) Kelayakan organisasional dalam melaksanakan inovasi program Sabilulungan; (2) Pelaksaaan program Sabilulungan. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif Miles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan organisasional Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dilihat dari tiga faktor organisasional yaitu struktur organisasi, kepemimpinan dan sumber daya manusia. Jika melihat pelaksanaan inovasi program Sabilulungan, maka pelaksanaannya sesuai dengan kategori pelaksanaan inovasi pelayanan publik berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2015 tentang Kompetisi Inovasi yaitu memperkenalkan pendekatan baru, pelayanan publik dengan menggunakaan teknologi informasi, meningkatkan efektivitas pelayanan, dan meningkatkan keikutsertaan masyarakat dan kolaborasi antara instansi pemerintah dengan masyarakat. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah pemusatan pelayanan agar seluruh proses penyaluran dana hibah dan bantuan sosial mulai dari tahap pengajuan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban terpusat pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, pelatihan yang berkelanjutan bagi seluruh sumber daya aparatur pelaksana program Sabilulungan, pemeliharaan website sabilulungan, melakukan evaluasi secara berkala terhadap tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan publik melalui e-government, dan jika diperlukan, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat/organisasi masyarakat/LSM mengenai dasar hukum, SOP, dan cara mengoperasikan website sabilulungan sebagai pemohon.

English Abstract

Sabilulungan program is a reform or public service innovation in distributing of grants and social assistance to the society. As a public service, Sabilulungan program has been able to give all sorts of ease service to society by utilizing technology, information, and communication, so that the distributing of grants and social assistance became more accountable and transparen. This research aim to describe and analyze about the organizational egibility of Agency Financial and Assets Management of Bandung City in implementing Sabilulungan program innovation. This research uses kind of descriptive research by qualitative approach. This research is bordered by 2 (two) focus, they are: 1) Organizational eligibility in implementing Sabilulungan program innovation; 2) Implementation of Sabilulungan pprogram. Data analysis used Miles and Huberman Qualitative Analysis that conclude the step of data condensation, data display, and drawing and verifying conclusions. The result from this study indicates that the organizational eligibility of Agency Financial and asstes managent of Bandung city can be seen from three organizational factors, like organizational structure, leadership, and human resources. The implementation of Sabilulungan program itself used the category of public service innovation based on the regulation of the Ministry of Empowerment of State Apparaturs and Bureaucracy Reform number 15, 2015 about Innovation Competition which consist of introduce a new approach, public service by using technology, information, and communication, increase the effectiveness of services, and enhance community participation and collaboration among government agencies with the community. For the recommendation from this research is to centralize the entire services process of distributing grants and social assessment to the Agency of Financial and Assets Mangent from the very first step such as submitting document, implementation program and the accountability of program, to held training for all implementors of Sabilulungan program, to maintenance the Sabilulungan website, to evaluate periodically about satisfaction of society against public service through e-government, and if necessary, to educate and socialize to society/community organizations/NGOs regarding the legal basis, the procedure, and how to operate the website as applicant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/636/051708294
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Organisasi, Inovasi Pelayanan Publik, E-Government
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:26
Last Modified: 20 Nov 2020 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4110
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item