Pengembangan Strategi Inovatif Pelayanan Perizinan Dalam Pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Kota Malang Bagi Wirausaha Luar Kota Malang (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kota Malang)

Nindyawati, Dita (2017) Pengembangan Strategi Inovatif Pelayanan Perizinan Dalam Pembuatan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Di Kota Malang Bagi Wirausaha Luar Kota Malang (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Dinas penanaman Modal dan PTSP Kota Malang sebagai salah satu Dinas pemerintah yang melayani pembuatan Surat izin usaha perdagangan (SIUP). Dalam proses pelaksanaaan pelayanan dibutuhkan kompetensi SDM yang mendukung berjalannya pelayanan dan dibutuhkan inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan serta dapat menangkap peluang yang ada. Metode penelitian penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan di Kota Malang tepatnya di Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Wawancara terhadap pihak terkait yaitu salah satunya Kepala Bidang Perizinan Bapak Setijoko berserta staff dan calon pemohon surat izin. Dokumentasi yang dilakukan yaitu pengambilan data yang dilakukan di Dinas penanaman Modal dan PTSP Kota Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang dilakukan di Dinas penanaman Modal dan PTSP Kota Malang telah melakukan pelayanan sesaui dengan peraturan pemerintah tetapi pelaksanaan tersebut terkesan monoton, SDM terkait tidak dapat berinovasi mengikuti sesuai perkembangan yang telah ada. Maka dari itu peneliti memberikan beberapa alternatif untuk dapat meningkatkan SDM yang ada serta memberikan inovasi terhadap pelayanan SIUP untuk warga luar Kota Malang. Diantaranya yaitu meningkatan SDM dengan cara memberikan pelatihan rutin kepada pegawai yang ada dan pegawai yang baru masuk. Dengan meningkatnya kompetensi dari para pegawai yang ada di Dinas Penanaman Modal dan PTSP diharapkan mampu menangkap peluang yang ada sehingga dapat memberikan inovasi terbaru untuk memajukan pelayanan terkait pelayanan pembuatan izin surat usaha. Peneliti memberikan inovasi terkait dengan pelayanan pembuatan surat izin usaha yaitu pemberian kartu khusus untuk warga luar Kota Malang yang ingin mengembangkan usahanya di Kota Malang. Dengan adanya kartu tersebut diharapkan dapat membantu mengontrol perkembangan usaha yang ada di Kota Malang.

English Abstract

The public service is one of the most important factors in an activity organized by the Government. Office of capital investment and PTSP Malang as one Government Office that serves the creation of trading business licence (SIUP). In the process she was HR competencies required services that are supporting the passage of needed services and innovation that can improve services as well as be able to capture the opportunities that exist. Research methods a descriptive research using qualitative approach. The technique of collecting data through observation, interviews, and documentation. The observation is done in Malang in the service of capital investment and PTSP. The interview against the relevant parties i.e. one head of Licensing staff with Setijoko Father and the prospective applicant letter of permission. The documentation is done namely data retrieval is done in the service of capital investment and PTSP Malang. Research results indicate that service is performed in the service of capital investment and PTSP Malang has been doing Ministry sesaui with the Government regulations but the execution impressed monotony, HR related can't innovate follow appropriate development. Thus researchers provide some alternatives to existing HR can increase and provide innovation services PROVIDED for citizens against outside of Malang. Among them, namely to improve the HUMAN RESOURCES by giving regular training to officers and employees of the new entry. With the increasing competence of the employees who are in the service of capital investment and PTSP is expected to capture the opportunities so as to provide the latest innovations to advance Ministry related service creation permission letter efforts. Researchers provide innovation related to the service of creation of business licence, namely the granting of special cards to residents outside the city Poor who want to develop his business in the city of Malang. With the presence of the card is expected to help control the progression of existing business in the city of Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/630/051708360
Uncontrolled Keywords: Inovasi pelayanan, Pelayanan SIUP, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.7 Business enterprises > 338.76 Business enterprises by industry
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:02
Last Modified: 19 Nov 2020 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4108
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item