Penerapan Electronic Government Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Blitar)

Putri, Puput Nugrahaning Tyas (2017) Penerapan Electronic Government Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi nasional pemerintah pusat dalam menghadapi perubahan, menciptakan penataan pada sistem manajemen dan proses kerja dilingkungan pemerintah yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel, dan untuk mengatasi masalah pelaksanaan fungsi kepemerintahan adalah dengan menerapkan konsep digitalisasi dalam penyelenggaraanya. Penerapan Electronic Government melalui Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah dapat mengatasi masalah yang timbul dari penyelenggaraan fungsi pemerintah pada pengelolaan keuangan daerah secara manual yang tidak efisien dan tidak efektif pada segi waktu, tempat, dan sarana, sehingga mempengaruhi aktivitas pengelolaan keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blitar dan didukung oleh SKPD Kabupaten Blitar karena merupakan pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam Penerapan Electronic Government melalui Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dukungan seluruh pihak yang menciptakan kesiapan pada aspek dasar hukum, sumber daya finansial, manusia, dan sarana dalam penerapan Electronic Government melalui pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah dan memberikan manfaat yang optimal dalam pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Blitar. Pendukung penerapan Electronic Government berasal dari suprastruktur dan infrastruktur, keterlibatan perusahaan swasta dalam penyediaan web sistem pengelolaan keuangan. Hambatannya adalah sarana teknologi pada kantor SKPD terpencil yang perlu peningkatan, perubahan pegawai yang memerlukan pelatihan kemampuan, dan dasar hukum sebagai landasan penerapan Electronic Government dibuat terlambat yaitu setelah penerapan dilakukan.

English Abstract

The national strategy of the central government in facing the changes, creating a structure of the efficient, effective, transparent, and accountable management system and work processes of government, and overcoming the problem of the implementation of governance function is by applying the concept of digitalization in governance. Implementation of Electronic Government through Ulitization of Regional Management Information System can overcome problems arising from the way of manual local financial management that is inefficient and ineffective in terms of time, place, and means, thus affecting the activity of the financial management. This research uses descriptive research type with qualitative approach. The research method used in this research is using observation techniques, depth interviews, and documentation. This research was conducted at the Agency of Financial Managerial and Asset Blitar Regency supported by SKPD Blitar Regency which directly involved in Applicating Electronic Government through utilization of the Local Management Information System in Financial Management. The result of this study is there’re the supports from all parties that create readiness of the basic aspecs of the legal, financial resources, human, and the means in implementation of Electronic Government through the utilization of the Regional Management Information System in the area of financial management and provide optimal benefit in the financial management of Blitar Regency. Support of the implementation of Electronic Government comes from superstructure and infrastructure with the involvement of private companies in the provision of financial management system web. While the obstacles encoutered is the technological means at SKPD office, changed employees who need training and slow process of the government to make the legal basis of implementation of Electronic Government.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/635/051708293
Uncontrolled Keywords: Penerapan Electronic Government, Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Daerah, Keuangan Daerah.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:58
Last Modified: 04 Dec 2020 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3992
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item