Peran Pemerintah Dan Swasta Dalam Pembangunan Sarana Pendidikan Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang (Studi Tentang Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan)

Amir, Saifuddin (2017) Peran Pemerintah Dan Swasta Dalam Pembangunan Sarana Pendidikan Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang (Studi Tentang Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Tumpang merupakan kecamatan yang memiliki Angka Partisipasi Sekolah tingkat menengah yang rendah. Dalam hal ini Pembangunan Sekolah merupakan salah satu kewajiban Pemerintah, akan tetapi Pemerintah Kabupaten Malang tidak dapat memenuhi hal tersebut sehingga menggandeng Swasta melaksanakan Pembangunan Sekolah. Saat ini yang sedang berkembang adalah sekolah menengah kejuruan sehingga penelitian ini akan mendeskripsikan Peran Pemerintah dan Peran Swasta Dalam Pembangunan Sarana Pendidikan di Kecamatan Tumpang dalam pembangunan sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif digunakan untuk menjelaskan peran pemerintah dan peran swasta dalam pembangunan sarana pendidikan di Kecamatan Tumpang. Lokasi dan situs dalam penelitian ini adalah tentang pembangunan sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Tumpang. dalam proses wawancara dan observasi ini pengambilan data dengan meminta keterangan langsung pada pihak yang berhubungan dengan data yaitu cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, SMK Diponegoro, SMK Multimedia dan SMK Galaxy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemerintah melaksanakan peran sebagai regulator, fasilitator dan mesin pertumbuhan dapat dilihat dengan penerbitan peraturan izin mendirikan sekolah, menggandeng pihak swasta dalam pembangunan sarana pendidikan dan juga memberi bantuan kepada sekolah yang membuthkan dalam pembangunan sekolah, selanjutnya pihak swasta adalah sebagai mengatasi kesenjangan, efisiensi dalam pembangunan dan efektifitas dalam pembangunan. Dan terlihat dimana berhasil membangun sekolah menengah kejuruan,di Kecamatan Tumpang sedangkan faktor pendukungnya adalah kemajuan teknologi dan pertambahan tenaga kerja selanjutnya adalah strategi swasta dalam pembangunan sarana pendidikan dimana sekolah swasta memiliki keunggulan dalam pengambilan keputusan dan kesiapan yang lebih cepat. Partisipasi pihak swasta sangat membantu terhadap perkembangan masyarakat Tumpang

English Abstract

Tumpang sub-district is a sub-district with low enrollment rate. In this case School Construction is one of the obligations of the Government, but the Government of Malang Regency can not meet it so that cooperates with Private Development School. Currently developing is a vocational high school so that this study will describe the Role of Government and Private Role in the Development of Education Facilities in Tumpang District in the construction of vocational high schools. This research uses descriptive qualitative is used to explain the role of government and private role in development of education facilities in Tumpang District. Location and site in this research is about construction of vocational high school in District Tumpang. In the process of interviewing and observing this data retrieval by requesting direct information to parties related to the data of the branch of the Education Office of Malang Regency, SMK Diponegoro, SMK Multimedia and SMK Galaxy. The results of this study indicate that the role of the Government performs the role of regulator, facilitator and growth engine can be seen by the issuance of the permit to establish a school, holding private parties in the construction of educational facilities and also providing assistance to schools that require in school construction, Gaps, efficiency in development and effectiveness in development. And seen where successfully build a vocational high school, in Tumpang District while the supporting factor is technological progress and subsequent employment increase is a private strategy in the development of educational facilities where private schools have advantages in decision making and readiness more quickly. The participation of private parties is very helpful to the development of the community Tumpang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/618/051708348
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah, Peran Swasta dan Pembangunan Sarana Pendidikan.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:36
Last Modified: 25 Sep 2020 06:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3937
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item