Analisis Strategi Perusahaan Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.)

Triwiyana, Komang Pandu (2017) Analisis Strategi Perusahaan Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini jumlah usaha baik mikro maupun makro di Indonesia berjumlah sangat tinggi dan bergerak di berbagai sektor, tidak sedikit di antara unit usaha tersebut berada di industri serta target konsumen yang sama. Karena banyaknya usaha di bidang industri yang sama, persaingan antara unit bisnis dan perusahaan tidak bisa dihindari dan menjadi salah satu faktor yang harus dipikirkan dan direncanakan oleh perusahaan agar bisa bertahan hidup di antara persaingan dan tidak tenggelam di era dengan pertumbuhan industri yang pesat ini.Menanggapi hal tersebut, manajemen setiap perusahaan mendapat tantangan untuk berusaha secara kompetitif dalam menghadapi para pesaing bagi kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Salah satu industri di Indonesia yang memiliki pesaing serta permintaan pasar yang tinggi adalah industri semen. PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. yang merupakan salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia maupun Asia Tenggara terlibat dalam persaingan yang ada sekarang. Saat ini PT. Semen Indonesia sedang menghadapi tantangan yang berat untuk bersaing dengan kompetitor asing maupun perusahaan dari dalam negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal perusahaan, kondisi eksternal perusahaan, serta posisi perusahaan di dalam matriks kuadran Boston Consulting Group (BCG), sehingga dari kondisi itu strategi apa yang sudah direalisasikan dan akan dilakukan oleh perusahaan dalam mencapai keuungulan bersaing. Peneilitian ini menggunakan metode kualitatif, deskriptif dengan mendapatkan sumber data berupan hasil wawancara yang dilakukan dengan narasumber dari Burreau Strategic of Planning PT. Semen Indonesia, Gresik. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal PT. Semen Indonesia memiliki daya saing yang baik terutama di bidang riset dan teknologi, namun di bidang operasi terdapat kelemahan karena adanya suplai berlebih dari Cina yang kelebihan produksi sehingga memperngaruhi jumlah total produksi di PT. Semen Indonesia. Logistik ke dalam maupun keluar juga diintegrasikan ke dalam unit kegiatan Supply Chain Management. Persebaran pabrik produksi di seluruh daerah juga menjadi kekuatan perusahaan, juga banyak anak perusahaan dan afiliasi di berbagai bidang. Kondisi eksternal perusahaan di dominasi dengan adanya persaingan antar perusahaan domestik serta masuknya ancaman perusahaan dari Cina yaitu Conch Cement. Saat ini PT. Semen Indonesia berada di posisi Question Mark dalam matriks kuadran BCG.

English Abstract

Currently the number of micro and macro enterprises in Indonesia is very high and moving in various sectors, not least among the business units are in the industries and the same target consumers. Due to the many businesses in the same industries, the competition between business units and companies is inevitable and is one of the factors that companies must think and plan to survive between competition and not drown in an era of rapid industrial growth. In response, the management of every company is challenged to strive competitively against competitors for business activities run by the company. One of industries in Indonesia that has a competitors and high market demand is the cement industry. PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Which is one of the largest cement companies in Indonesia and Southeast Asia involved in the current competition. Currently PT. Semen Indonesia is facing a tough challenge to compete with foreign competitors and companies from within the country. The purpose of this research is to knowing about internal condition of company, external condition of company, and company position in matrix of quadrant of Boston Consulting Group (BCG), so from that condition what strategy has been realized and will be done by company in reaching competitive advantage. This research uses qualitative, descriptive method by obtaining data source from interview result with resource from Burreau Strategic of Planning PT. Semen Indonesia, Gresik. The results showed that the internal factors of PT. Semen Indonesia has a good competitiveness, especially in the field of research and technology, but in the field of operation there is a weakness due to the excess supply from China that excess production affecting the total amount of production in PT. Semen Indonesia. Inbound and outbound logistic is also integrated into the Supply Chain Management activities unit. Distribution of production plants throughout the region is also a strength of the company, as well as many subsidiaries and affiliates in various fields. The external condition of the company is dominated by the competition between domestic companies as well as the inclusion of corporate threats from China, Conch Cement. Currently PT. Semen Indonesia is in the position of Question Mark in BCG quadrant matrix.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/448/051706114
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:10
Last Modified: 13 Nov 2020 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3807
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item