Efektivitas Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah (Studi di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto)

Wardana, R. Oki Ilham (2017) Efektivitas Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah (Studi di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengagkat permasalahan tidak efektif nya pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah yang dilator belakangi oleh permasalahan penunggakan pembayaran pajak reklame yang dilakukan oleh penyelenggara reklame dan penyelenggara yang langsung memasang reklame tanpa mendaftarkan terlebih dulu di Instansi yang berwenang yaitu Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis menarik rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana efektivitas pelaksanaan Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah ? (2) Apa Hambatan dalam Pelaksanaan pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah ? (3) Apa Solusi untuk menyelesaikan hambatan dalam Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah ? Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian dilakukan di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto karena lembaga tersebut merupakan lembaga yang melaksanakan kebijakan dari Bupati Mojokerto dan permasalahan tersebut dialami oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto selaku penyelenggara pembayaran dan pendaftaran Objek Pajak Reklame. Data dalam skripsi ini terdiri dari data primer, data sekunder dan data tersier. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto, sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Penagihan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto. Penulis menganalisis menggunakan teknik deskriptif analisis, yaitu dengan cara menggambarkan informasi yang diperoleh untuk kemudian informasi tersebut dipelajari dan dianalisa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat dijelaskan bahwa Efektivitas Pelaksanaan Pasal 24 Ayat 2 Terkait Objek Pajak Reklame Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah tidak efektif karena adanya penunggakan pembayaran pajak reklame yang dilakukan oleh objek penyelenggara reklama dan objek penyelenggara reklame yang tidak mendaftar reklame.

English Abstract

In this thesis, the authors bless the problem is not Effective its article 24 Paragraph 2 Related Object Tax Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency Number 11 Year 2011 on Regional Tax dilator by the issue of arrears bill payments advertisements made by advertisers and advertisers who directly install billboard without Register first in the authorized institution namely the Regional Income Board of Mojokerto Regency. Based on the above matter, the writer withdraw the problem formulation as follows: (1) How does the Effectivition of article 24 Paragraph 2 Related Object Tax Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency Number 1 Year 2011 About Local Taxes? (2) What are Barriers in the Implementation of Article 24 Paragraph 2 Related to Tax Object Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency Number 1 Year 2011 About Local Taxes? (3) What is the Solution to implement the obstacle in Article 24 Paragraph 2 Related to Object of Tax of Reklame of Regulation of Regency of Mojokerto Number 1 Year 2011 About Local Tax? This research is an empirical juridical research with sociological juridical approach. The location of the research was conducted at Mojokerto District Revenue Agency because the institution is an institution implementing the policy of the Regent of Mojokerto and the problem is experienced by the Regional Revenue Board of Mojokerto Regency as the organizer of payment and registration of advertisement tax object. The data in this thesis consists of primary data, secondary data and tertiary data. Data collection techniques by conducting interviews and literature studies. The population in this study is all employees of the Regional Income Board of Mojokerto Regency, the sample in this study is the Head of Billions of Regional Income Board of Mojokerto Regency. The author analyzed using descriptive analysis techniques, namely by describing the information obtained for later information is studied and analyzed. Based on research conducted by the author, it can be explained that the Effectiveness of the Implementation of Article 24 Paragraph 2 Related Object Tax Reklame Regional Regulation Mojokerto Regency No. 1 Year 2011 About Local Taxes is not effective because of the arrears of tax payments advertisements made by the object of organizers reklama and object organizers of the billboard Not signing up.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/268/051709628
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Objek Pajak Reklame, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Mojokerto
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.04 Tax law > 343.043 Taxes by level
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:44
Last Modified: 02 Oct 2020 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3607
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item