Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Dalam Perspektif Good Governance (Studi Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu)

Novitasari, Indah (2017) Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Dalam Perspektif Good Governance (Studi Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian pelaksanaan pemungutan pajak reklame dalam perspektif Good Governance di Kota Batu merupakan pengembangan layanan di bidang keuangan Badan Keuangan Daerah Kota Batu. Pesatnya pertumbuhan pariwisata di Kota Batu menyebabkan semakin tingginya mobilitas kegiatan masyarakat, hal ini kemudian menimbulkan pertambahan jumlah obyek wisata buatan yang berada di Kota Batu serta hotel, restoran atau pihak persorangan yang ingin memasarkan prosuk atau jasa. Permasalahan yang ada kemudian diperparah dengan belum adanya wadah kritik dan saran masyarakat serta belum transpan dan efektif maupun efisien dalam pelaksanaan pemungutan pajak reklame. Kompleksitas permasalahan tesebut dikarenakan masih minimnya pelayanan pelaksanaan pemungutan di Kota Batu, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Batu dibidang promosi dan pemasaran produk maupun jasa maka menjadi tugas Badan Keuangan Daerah Kota Batu sebagai regulator. Perencanaan tersebut kemudian tertuang didalam Rencana Strategis Badan Keuangan Daerah Kota Batu tahun 2017-2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana yaitu berdasarkan model interaktif Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemungutan pajak reklame dalam perspektif Good Governance yang dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah Kota Baty belum berjalan dengan semana mestinya apabila dilihat dari teori UNDP yang dikutip oleh Sedarmayanti. Hal ini ditunjukkan dengan prinsip-prinsip yang dapat melihat pelaksanaan pemungutan pajak reklame Badan Keuangan Daerah Kota Batu. Pelaksanaan pemungutan pajak reklame dapat menggunakan pengembangan sarana dan prasarana berupa wadah kritik dan saran masyarakat atau wajib pajak reklame, pengembangan sistem informasi berupa iklan di tv lokal, radio, pamflet atau brosur serta melakukan sosialisasi mengenai kenaikan atau penurunan tarif pelaksanaan pemungutan pajak reklame dan membuat program penerapan pelaksanaan pemungutan pajak reklame berupa sistem online atau disebut dengan e-Billing yang menerbitkan kode billing pajak terhutang dan melakukan program pelayanan pajak reklame dengan menggunakan sistem keliling

English Abstract

Research the implementation of the tax collection ads in perspective good governance in the city stone was a development of services in the field of finance financial agency the area of a city stone.The fast growth tourism in the city stone causing the the mobility of community activities, this in turn cause increase the number of tourism artificial are located in the stone and hotel, a restaurant or parties society who want to market prosuk or services.The existing problems was then compounded by a lack of a container criticisms and suggestions the community and are not transpant and effective and efficient in the implementation of the tax collection ads.Complexity problems tesebut because the lack of service the implementation of the collection in the city stone, in fulfilling their need city people stone in for promotion and marketing products and services so the financial agency the area of a city of stones regulator. Planning is then set out in strategic plan financial agency the area of a city stone 2017-2021 year .The kind of research used in this research is research descriptive with a qualitative approach .A source of the data used was primary and secondary data .Data analysis to research this , researchers reference to the method put forward by miles , huberman and saldana that is based on model interactive. The result of the research indicated that the election of tax revenues in perspective that good governance be done by the financial baty the area of a city has not been with semana it was supposed to work if seen from the theory undp that quoted by sedarmayanti .This is apparent with the principles that can see the election of tax revenues finance agency the area of a city stone .The election of tax revenues to be able to use the development of facilities and infrastructure in the form of a container criticisms and suggestions society or taxpayers ads , the development of information systems in the form of ad on a local television , radio, pamphlets or brochures as well as undertaking socialization regarding the increase or decrease in tariffs the election the advertisement tax and make the program the application of the election of tax revenues in the form of the online system or called by e-billing that publishes billing code outstanding tax returns and do service program of tax revenues by using mobile system

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/860/051709132
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pemungutan, Pajak Reklame, Good Governance
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:43
Last Modified: 25 Nov 2020 12:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3476
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item