Implementasi Sistem Pajak Online (E-Tax) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang (Studi Pada Pajak Hotel Dan Restoran Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Ramadhan, Ardian Rio Febri Puji (2017) Implementasi Sistem Pajak Online (E-Tax) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang (Studi Pada Pajak Hotel Dan Restoran Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Implementasi Sistem Pajak Online (E-Tax) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang Pada pajak hotel dan restoran di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang secara online dilakukan sebagai bentuk penerapan kebijakan pemerintah. Pemerintah Kota Malang membuat strategi untuk pengoptimalisasian pendapatan asli daerah yaitu salah satunya dengan Sistem Pajak Online atau e-tax. Sistem pajak secara online ini, diberlakukan sebagai salah satu upaya mengurangi adanya potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak daerah di Kota Malang. Pelaksanaan pemungutansistem pajak onlineataue-tax ini diperkuat dengan dikeluarkannya peraturan walikota Malang Nomor 32 Tahun 2013 yang merupakan hasil amandemen dari Peraturan Walikota Malang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Pembayaran, Penyetoran, Tempat Pembayaran, Angsuran dan Penundaan Pembayaran Pajak Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk tentang Implementasi Sistem Pajak Online (E-Tax) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang Pada pajak hotel dan restoran di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dalam Implementasi Sistem Pajak Online (E-Tax) dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang Pada Pajak Restoran dan Hotel di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dokumentasi dan studi kepustakaan. Instrument penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman wawancara, dan penunjang lainnya seperti alat perekam suara. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa pelaksanaan peningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang pada pajak hotel dan restoran di Kota Malang telah melaksanakan implementasi kebijakan yang berbasis e-gov pada Sistem Pajak Online (E-Tax) yang berjalan dengan baik. Faktor pendukung dari pelaksanaan Sistem Pajak Online (E-Tax) pada hotel dan restoran di Kota Malang ini adalah adanya Dukungan dari Pemerintah Kota Malang sebagai pembuat dan perancang awal Peraturan Walikota sebagai pendukung pelaksanaan pemungutan pajak hotel dan pajak restoran secara online, Sarana dan Prasarana sebagai alat pendukung pelaksanaan program e-tax, Tingkat kesadaran Wajib Pajak untuk mengikuti program e-tax dalam proses pelaporan dan pembayaran. Faktor Penghambat adalah Minimnya pemahaman wajib pajak hotel dan restoran dalam pengoperasian sistem e-tax,Alat dan jaringan yang dioperasikan oleh BRI tidak dilakukan pembaharuan sistem, Kurangnya koordinasi antar pihak terkait apabila ada kendala teknis maupun non-teknis. Rekomendasi yang diberikan peneliti terhadap hasil penelitian ini adalah Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang diharapkan dapat menjaga kualitas pelayanan sistem pajak online dan mempertahankan konsistensi pelayanan terhadap wajib pajak hotel dan restoran, Membangun komunikasi dan koordinasi yang lebih baik dan efektif agar tercipta sinergitas yang baik antara pimpinan dan bawahan di dalam internal Dinas Pendapatan Daerah juga dengan Wajib Pajak dan Bank BRI yang terlibat untuk melaksanakan pelayanan sistem pajak online, Pengajuan pembaharuan alat dan melakukan pengupgrade-an sistem pajak online, Memberikan penyuluhan dan sosialisasi baik itu evaluasi program secara berkala.

English Abstract

Research on the Implementation of Tax System Online (e-Tax) In Improving Regional Income taxes Malang In hotels and restaurants in the Department of Revenue Malang online done as a form of government policies. Malang City Government made a strategy for optimizing local revenues is one with Online Tax System or e-tax. The online tax system, treated as an effort to reduce the potential for leakage of the original income tax sector area in Malang. Implementation of the tax pemungutansistem online or e-tax is reinforced by the issuance of regulations mayor of Malang 32/2013 that an amendment of Malang Mayor Regulation 20/2013 on the Procedures for Payments, Deposits, Payments place, installment and Local Tax Payment Delay. This study aims to describe and analyze the shape of the Implementation of Tax System Online (e-Tax) In Improving Local Revenue Malang In the hotel and restaurant taxes in the Regional Revenue Office of Malang and to describe and analyze the factors supporting and inhibiting factors faced by the Department Regional revenue Malang in Implementation of Online Tax System (E-Tax) in Improving Regional income Tax Malang in Restaurants and hotels in Malang. This type of research that is used in preparing this thesis is a descriptive research with a qualitative approach. Source data used are primary data and secondary data. Data collection techniques with interviews, observation, documentation and literature study. Research instrument used is the researchers themselves, interview guides, and other support such as a voice recorder. In analyzing the study data, researchers refer to the method proposed by Miles, Huberman and Saldana. The results of this study indicate that the improvement implementation of the original income tax Malang on hotels and restaurants in Malang has undertaken the implementation of policy-based e-gov on the Tax System Online (e-Tax) that went well. The supporting factors implementation of Tax System Online (e-Tax) at hotels and restaurants in Malang is the support of the Government of Malang as the creator and designer early on Mayor Regulation to support the implementation of tax collection hotel and restaurant taxes online, Infrastructures as a tool to support the implementation of e-tax program, level of awareness of taxpayers to follow the program in the e-tax reporting and payment process. Obstacles are lack of understanding of taxpayer hotel and restaurant in the operation of e-tax systems, equipment and networks operated by BRI do not reform the system, lack of coordination between the parties involved if there are technical obstacles and non-technical. The given recommendations by researcher are tothis study are the Department of Revenue Malang expected to maintain service quality online tax system and maintain consistency of service to taxpayers hotels and restaurants, Build communication and better coordination and effective in order to create synergy between the leadership and subordinates in the internal Revenue service also with the taxpayer and Bank BRI engaged to perform services online tax system, filing renewal upgraders tools and do-an online tax system, provide better education and socialization that periodic program evaluation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/856/051709128
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Sistem Pajak Online (E-Tax), Pajak Daerah.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:41
Last Modified: 08 Oct 2020 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3319
[thumbnail of Ramadhan, Ardian Rio Febri Puji.pdf] Text
Ramadhan, Ardian Rio Febri Puji.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item