Implementasi Program Pospay PT. Pos Indonesia dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Pos Lawang Kabupaten Malang).

Fatmawati, Ardhelina Wahyu (2017) Implementasi Program Pospay PT. Pos Indonesia dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Kantor Pos Lawang Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih serta tuntutan akan layanan di bidang jasa, membawa PT. Pos Indonesia mulai meluncurkan program pospay untuk melihat celah yang belum dimiliki oleh pesaing bisnis lain sehingga mampu memberikan perubahan untuk meningkatkan pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian, yaitu (1) Implementasi program pospay; (2) Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi program pospay. Sumber data berasal dari informan, tempat dan dokumen penelitian, serta dari jenis data primer dan sekunder. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Milles Huberman (2014) melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Implementasi program pospay PT. Pos Indonesia dalam meningkatkan pelayanan publik, dilihat dari aktifitasnya sebagai pendukung keberhasilan program yang berpacu berdasarkan interpretasi, pengorganisasian, dan penerapan atau aplikasi. Implementasi program pospay diterapkan di Kantor Pos Lawang menjadikan Kantor Pos Lawang bangkit lagi menghadapi persaingan global. Faktor pendukung implementasi program pospay berasal dari adanya sumberdaya manusia yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, serta partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam program pospay. Faktor penghambat implementasi program pospay terdiri dari jaringan atau server yang masih sering mengalami gangguan dalam berlangsungnya pelaksanaan program pospay, serta pemasaran atau perkenalan produk layanan yang masih kurang dalam penyebaran informasi produk layanan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sosialisasi dan evaluasi yang dilaksanakan dalam enam bulan sekali, tak hanya penyebaran brosur saja namun pemasaran dilakukan melalui iklan elektroknik agar masyarakat dapat mengetahui apa yang dimaksud dari pospay. Jaringan atau server yang tidak stabil dapat menghambat proses jalannya layanan pospay, serta pada struktur organisasi yang belum lengkap menyebabkan merangkapnya jabatan pada pegawai Kantor Pos Lawang.

English Abstract

The development of technology and the demand for services from field service lead PT. Pos Indonesia to launch a pospay program in order to distinguish the gap that is not preserved by any other business competitors so that it gives a transformation to improve the services. This research is descriptive research with qualitative approach and is constrained by two focus of research, namely (1) Implementation of pospay program; (2) supporting and inhibiting factors of pospay program implementation. The data source is from the informant, place and research documents, as well as from both primary and secondary data. The data are collected through interview, observation and documentation. The data analysis by Milles Huberman (2014) is conducted through the data collection, data condensation, data presentation and conclusion. From the research results can be seen that the implementation of the pospay program PT. Pos Indonesia is improving the public services, refering from its role to support the program to be successful based on the interpretation, organization, and implementation or application. Implementation of pospay program applied in the Post Office Lawang makes Post Office Lawang to come up again to face global competition. Factors which support the implementation of the program come from the competent human resources, facilities and infrastructure, as well as participation from services consumer in pospay program. Factors which obstruct the implementation of pospay program lies on the occurrence of network or server problem in the advancement of pospay program implementation, and also deficient of marketing or introducing the product services in promoting product services information. The suggestions from the results of this research are the company should do socialization and evaluation once every six months. In addition, the company should use electronics advertisement, instead of only use brochure to promote the program so that people could understand more about the pospay program. The unstable network or server could obstruct the process of pospay services, and also the incomplete organizational structure makes the employee has a double position in Post Office Lawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/385/051704913
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Pospay, Pelayanan Publik
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration > 351.598 Public administration (Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:57
Last Modified: 28 Nov 2020 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/33
[thumbnail of Ardhelina Wahyu Fatmawati.pdf]
Preview
Text
Ardhelina Wahyu Fatmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item