Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Selasih (Sehat Dengan Layanan Welas Asih) (Studi Pada Rsud Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro)

Nurlita, Alfida Dawam (2017) Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Selasih (Sehat Dengan Layanan Welas Asih) (Studi Pada Rsud Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi program SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih) merupakan salah satu inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit dengan memberikan layanan kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip kasih sayang demi mewujudkan rumah sakit welas asih. Penerapan program SELASIH diwujudkan dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan pasien dan masyarkat dalam mengakses layanan kesehatan di rumah sakit melalui gerakan layanan welas asih, yang bertujuan untuk mengurangi penderitaan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses tahapan inovasi pelayanan kesehatan melalui program SELASIH dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat proses inovasi program SELASIH dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles, Hibermen dan Saldana, yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses inovasi pelayanan kesehatan melalui program SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih). Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Direktur RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, pihak manajemen RSUD, tim optimalisasi layanan welas asih, pasien, keluarga pasien dan pengunjung rumah sakit. Hasil penelitian ini menunjukkan proses inovasi program SELASIH di RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro di mulai dengan tahap pertama identifikasi masalah, kedua mengembangkan ide untuk menyelesaikan masalah, ketiga membuat proposal untuk merencanakan kinerja inovasi, keempat melaksanakan inovasi SELASIH di RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, kelima evaluasi inovasi program SELASIH dan yang keenam menyebarluaskan inovasi agar seluruh pihak rumah sakit dan masyarakat dapat terlibat dalam inovasi program SELASIH. Semua proses inovasi SELASIH telah berjalan dengan baik. Inovasi program SELASIH telah berhasil memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Program SELASIH mampu mengurangi pengaduan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang buruk di rumah sakit, serta dapat meningkatkan kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menyarankan agar pihak rumah sakit dapat meningkatkan pembinaan dan pembekalan kepada pegawai, serta dapat meningkatkan sosialisasi program SELASIH kepada seluruh masyarakat luas, agar seluruh pihak dapat melaksanakan inovasi program SELASIH dan inovasi dapat berjalan maksimal.

English Abstract

Innovation of SELASIH program (Healthy with Compassionate Service) is one of innovation in improving health service quality in hospital by giving health service based on love principles to realize compassionate hospital. Implementation of the SELASIH program is realized by providing convenience and comfort of patients and communities in accessing health services in hospitals through a compassionate service movement aimed at reducing the suffering of others. This research aims to analyze the process of innovation stage of health services through SELASIH program and analyze the supporting factors and inhibiting innovation of SELASIH program in improving the quality of health service in hospitals. This research used descriptive research with qualitative approach by using interactive data modeling technique according to Miles, Hibermen and Saldana, which is used to describe and analyze health service process through SELASIH program (Healthy with Compassionate Service). Data completion techniques conducted through interviews, observation and documentation. Interview with Director of RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, RSUD management, team optimization of compassionate services, patients, patient families and hospital. The result of this research shows the innovation process of SELASIH program in RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro started with the first phase of problem identification, the second stage developed the idea to solve the problem, the third stage made a proposal to plan the performance of innovation, the fourth stage of innovation SELASIH in RSUD Dr. Raden Sosodoro Djatikoesoemo, the fifth stage of SELASIH program innovation evaluation and the sixth stage of disseminating innovations so that all hospitals and communities can be involved in the innovation of SELASIH programs. All of SELASIH's innovation processes have gone well. SELASIH program innovation has successfully improved and improved the quality of health services in hospitals. The SELASIH program is able to reduce public complaints on poor health services in hospitals, as well as to increase public satisfaction on health services in hospitals. The research suggests that the hospital can improve the guidance and debriefing to the employees, and can improve the socialization of SELASIH program to the whole society, so that all parties can implement innovation of SELASIH program and innovation can run optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/871/051709153
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan Kesehatan, Program SELASIH.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:02
Last Modified: 10 Nov 2020 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3290
[thumbnail of Alfida Dawam Nurlita.pdf]
Preview
Text
Alfida Dawam Nurlita.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item