Bentuk Aksi Feminisme Liberal Tokoh Yamamoto Yae Dalam Drama Yae No Sakura Karya Sutradara Taku Kato, Masae Ichiki, Takuya Shimizu dan Yoshiharu Sasaki.

Lukita, Marina Firda (2017) Bentuk Aksi Feminisme Liberal Tokoh Yamamoto Yae Dalam Drama Yae No Sakura Karya Sutradara Taku Kato, Masae Ichiki, Takuya Shimizu dan Yoshiharu Sasaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Feminisme Liberal adalah pandangan untuk menempatkan perempuan yang memiliki kebebasan secara penuh dan individual. Menurut kaum feminis liberal untuk memperoleh kebebasan, hak perempuan dan hak laki-laki harus disetarakan dalam berbagai bidang, baik hak atas pendidikan, politik, ekonomi (bekerja di dunia publik) dan lain-lain. Feminisme liberal dapat ditemukan dalam berbagai karya sastra tidak terkecuali dalam drama. Yae No Sakura adalah drama yang menceritakan tentang kisah hidup Yamamoto Yae, tergambar di dalamnya adanya feminisme liberal yang berhasil diraih oleh tokoh Yamamoto Yae melalui kesetaraan yang didapatnya melalui aksinya dalam berbagai bidang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab bentuk aksi feminisme liberal dalam bidang apa saja yang terdapat pada tokoh Yamamoto Yae. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan sosiologis untuk menggambarkan feminisme liberal. Tokoh Yae adalah seorang penembak wanita yang ikut berperang dalam perang Boshin. Ia juga adalah seorang pendidik, perawat, wanita yang berpengaruh dalam politik Jepang serta istri yang mendapat kesetaraan status dari suaminya. Sesuai dengan fakta dan analisis yang tergambar dalam penelitian ini, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melakui aksinya, tokoh Yae berhasil mendapatkan kesetaraan dalam keluarga, pendidikan, pernikahan, militer, politik/berpendapat serta pekerjaan. Hal ini menandakan bahwa tokoh Yae telah mendapatkan kebebasan secara penuh dan individual sesuai pandangan dalam feminisme liberal yang berpendapat bahwa kesetaraan perempuan harus diperoleh dalam berbagai bidang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/292/051704980
Uncontrolled Keywords: Aksi, Drama Yae No Sakura, Feminisme, Feminisme Liberal, Penokohan, Tokoh, Yamamoto Yae
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:11
Last Modified: 22 Nov 2020 10:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/320
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item