Upaya Tokoh Tanaka Tamako Dalam Memperjuangkan Haknya Sebagai Perempuan Pada Drama Mondai no Aru Resutoran Karya Sutradara Namiki Michiko dan Kato Yusuke.

Rahayu, Lela Dwi (2017) Upaya Tokoh Tanaka Tamako Dalam Memperjuangkan Haknya Sebagai Perempuan Pada Drama Mondai no Aru Resutoran Karya Sutradara Namiki Michiko dan Kato Yusuke. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mondai no Aru Resutoran adalah drama yang disutradai oleh Namiki Michiko dan Kato Yusuke yang tayang pada tahun 2015. Drama ini bercerita tentang tokoh Tanaka Tamako berjuang untuk mendapatkan haknya atas ketidakadilan dan penindasan yang dilakukan oleh laki-laki agar setara dengan para laki-laki. Tindakan Tanaka Tamako termasuk kedalam kajian teori feminisme radikal, yang menginginkan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki dan menolak segala kekerasan yang dilakukan oleh laki-laki termasuk pelecehan. Oleh karena itu, penulis berpendapat bahwa upaya yang dilakukan oleh Tanaka Tamako adalah bentuk dari tindakan feminisme radikal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya tokoh Tanaka Tamako dalam memperjuangkan haknya atas ketidakadilan dan penindasan yang dilakukan oleh laki-laki. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori feminisme radikal sebagai teori utama. Selain itu, penulis juga menggunakan teori tokoh penokohan dan teori mise-en-scene sebagai teori pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan adanya gerakan feminisme radikal yang dilakukan oleh Tanaka Tamako yang berjuang untuk mendapatkan haknya atas ketidakadilan dan penindasan yang dilakukan oleh laki-laki, bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk teman-temannya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Tanaka Tamako untuk dirinya sendiri adalah keluar dari Symphonic Omotesandou dan membalaskan dendamnya kepada laki-laki yang telah melecehkannya dengan cara membangun restoran miliknya sendiri. Sedangkan upaya yang dilakukan Tanaka Tamako untuk orang lain salah satunya adalah menyiram laki-laki yang ada di Symphonic Omotesandou menggunakan air es.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/287/051704975
Uncontrolled Keywords: feminisme radikal, upaya, perjuangan, mondai no aru resutoran
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2017 01:21
Last Modified: 02 Dec 2020 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/304
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (75kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (27kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item