Enhancing Students’ Speaking Skills By Using Drama Technique At The 8th Grade Students Of SMP Negeri 1 Singosari

Imania,, Sofia. (2017) Enhancing Students’ Speaking Skills By Using Drama Technique At The 8th Grade Students Of SMP Negeri 1 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbicara merupakan salah satu media dalam menguasai suatu bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Meninjau pentingnya berbicara, pengajar di setiap jenjang pendidikan perlu memastikan bahwa tujuan dari speaking adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. Namun, tidak setiap siswa mengaplikasikan dan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan speaking yang mana sebagai kunci untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka untuk keperluan masa depan dalam hal berkomunikasi. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan pada murid kelas 8 SMP Negeri 1 Singosari, ditemukan bahwa berbicara adalah kemapuan yang paling sulit diantara kompetensi bahasa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan teknik apa yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa dan teknik apa yang cocok untuk mereka dalam pembelajaran speaking. PTK sudah diimplementasikan sesuai dengan konsep dari Kemmis & McTaggart yang merupakan ahli dalam bidang tersebut. Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Singosari. Penelitian menggunakan dua elemen kriteria kesuksesan. Pertama, 80% siswa merespon secara positif terhadap implementasi teknik drama. Kedua, 80% siswa mencapai score minimal 80 atau lebih saat penampilan drama sebagai nilai kemampuan berbicara. Data diperoleh melalui data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui interview, catatan lapangan, dan cheklis obervasi. Sementara data kuantitatif diperoleh melalui nilai berbicara siswa dan kuisioner. Temuan dari peneliatian ini mengindikasikan bahwa penerapan teknik drama mampu mencapai semua kriteria kesuksesan. Peningkatan kemampuan siswa terlihat dari nilai berbicara mereka. 90% siswa melampaui nilai KKM 80. Sementara itu, siswa juga merespon secara positif selama penerapan teknik drama dilakukan. Hasilnya bisa terindikasi berdasarkan instrument berupa checklist observasi, catatan lapangan, dan kuisioner.

English Abstract

Speaking is one of the media of mastering a language, including English. Taking the importance of speaking into account, teachers in every level of education in Indonesia need to ensure themselves that the goal of teaching

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/226/051704257
Uncontrolled Keywords: Speaking, Drama technique, Speaking skills
Subjects: 400 Language > 428 Standard English usage (Prescriptive linguistics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:07
Last Modified: 21 Oct 2020 14:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/291
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item