Tanggung Jawab Perdata Bank Terhadap klaim Bank Garansi Yang Dikeluarkan (Studi Di Kantor Wilayah VII BCA Malang)

Pramono, Youngky Yudho (2017) Tanggung Jawab Perdata Bank Terhadap klaim Bank Garansi Yang Dikeluarkan (Studi Di Kantor Wilayah VII BCA Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang stabil adalah pertumbuhan ekonomi yang di iringi pembangunan yang merata serta tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah atas pembangunan infrastruktur yang dikerjakannya, bukan hanya pemerintah saja pihak swasta pun juga ikut serta berperan dalam membangun negeri. Diperlukan sebuah jaminan untuk menambah keyakinan kepada pihak pemberi pekerjaan maka pihak kontraktor memerlukan jasa pihak ke tiga sebagai penengah yaitu pihak pemberi jaminan (bank) yang sudah disepakati sebelumnya yang mampu memberikan jaminan dalam pembangunan proyek dan bisa memberikan tanggung jawab penuh terhadap pemberi pekerjaan ketika pihak kontraktor melakukan wanprestasi. Jaminan Bank (Bank Garansi) adalah pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan nasabahnya (terjamin) untuk menanggung risiko tertentu (penggantian kerugian) yang timbul bila pihak terjamin tidak dapat memenuhi kewajibannya (wanprestasi) kepada pihak yang menerima jaminan. bank telah bersedia menjadi penjamin atas kerugian penerima jaminan, dimana resiko tersebut meliputi penyimpanan jaminan, bank juga harus mengelola keabsahan dan kelengkapan adminitrasi, legalitas serta mengecek kembali keabsahan klaim yang datang di ajukan kepada pihak bank apakah benar pihak penerima jaminan benar-benar mengalami kerugian atas kelalaian yang di perbuat oleh si terjamin. Menurut Bambang Kusuma Wijaya selaku Kepala Operasi Kredit Kantor Wilayah VII BCA Malang, ada 2 (dua) jenis penguasaan hak subrogasi atau Angunan Yang Diambil Alih (AYDA), yaitu :4 a. Penguasaan semua bentuk tabungan yang dijaminkan atau barang berharga yang dapat segera dicairkan kemudian memberikan ganti rugi sesuai nominal yang dialami penerima jaminan dan sisanya akan dikembalikan kepada Terjamin. b. Penguasaan Surat berharga yang proses hukumnya memakan waktu tidak sebentar. Hambatan internal adalah hambatan yang dihadapi oleh pihak bank dari sektor internal bank itu sendiri, antara lain : 1. Proses birokasi antar devisi BCA membutuhkan waktu dan energi yang tidak sebentar karena sering terjadi perbedaan pendapat. 2. Proses pencarian dokumen - dokumen yang terkait dengan AYDA membutuhkan waktu yang ektra, disisi lain para staf harus bekerja tidak hanya untuk pencarian dokumen saja.

English Abstract

Stable economic growth is economic growth accompanied equitable growth and the level of public trust in government on infrastructure development has earned, not only the government private parties were also participating role in building the country. Needed a guarantee to add confidence to the employer then the contractors need the services of a third party as a mediator that is the guarantor (bank) that has been previously agreed capable of providing guarantees in project development and can provide the full responsibility of the employer when the contractor are in default. Assurance Bank (Bank Guarantee) is a written statement issued by the bank at the request of its customers (guaranteed) to bear a particular risk (indemnity) arising when a party is guaranteed not to meet their obligations (default) to the person receiving the guarantee. banks have been willing to be a guarantor for the losses of the insured, in which these risks include deposit guarantee, banks also have to manage the validity and completeness of the administration, legality and rechecking the validity of claims that came in to ask the bank whether the insured actually suffer a loss on negligence in doing by the assured. According to Bambang Kusuma Wijaya as the Head of Credit Operations of VII BCA Malang Regional Office, there are 2 (two) types of rights of subrogation or Collateral Taken, namely: a. Mastery of any form of guaranteed savings or valuable items that can be immediately disbursed and then provide compensation in accordance nominally experienced by the recipient of the guarantee and the rest will be returned to the Guaranteed. b. Mastery Securities that the legal process takes time not for a moment. Internal barriers are obstacles faced by the bank from the internal sector of the bank itself, among others: 1. The process of bureaucracy between BCA divisions requires time and energy that is not for a while because of frequent dissent. 2. Document search process - documents related to OREO takes extra time, on the other hand the staff must work not only for document searching.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.082/PRA/t/2017/041708519
Uncontrolled Keywords: BANK INSURANCE, BANK INSURANCE - LAW AND LEGISLATION, SURETYSHIP AND GUQRANTY, SURETY AND FIDELITY INSURANCE, INSURANCE CLAIMS
Subjects: 300 Social sciences > 347 Procedure and courts > 347.04 Courts with specialized jurisdiction
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:50
Last Modified: 24 Dec 2020 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2536
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item