Implementasi Kebijakan Penyusunan Kurikulum Kkni Jenjang Pendidikan S1 Program Studi Administrasi Publik Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Primastuty, Ilmia Hidayatul Insani (2017) Implementasi Kebijakan Penyusunan Kurikulum Kkni Jenjang Pendidikan S1 Program Studi Administrasi Publik Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum berbasis KKNI merupakan kurikulum yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dari proses pendidikan yang mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang diharapkan dapat mencetak lulusan yang berkualifikasi dan bersertifikasi. Adapun implementasi kebijakan kurikulum berbasis KKNI ini telah diterapkan pada Prodi Administrasi Publik jenjang S1 Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) pada tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan mengenai: 1) Bagaimana implementasi kurikulum KKNI pada Prodi Administrasi Publik jenjang S1 di FIA UB, 2) Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung yang mempengaruhi implementasi kurikulum KKNI pada Prodi Administrasi Publik jenjang S1 di FIA UB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang dijadikan sebagai bahan rujukan penelitian ini adalah teori yang terkait dengan kebijakan publik seperti teori implementasi kebijakan publik yang menguraikan tentang model implementasi kebijakan, faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan publik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Prodi Administrasi Publik jenjang S1 FIA UB melibatkan berbagai aktor kebijakan seperti para pimpinan, guru besar dan doktor dan semua dosen yang ada sesuai dengan Tugas Pokok Fungsi (TUPOKSI). Selanjutnya faktor-faktor pendukung implementasi kebijakan kurikulum KKNI adalah komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi, walaupun dalam kenyataan di lapangan dukungan disposisi masih belum optimal. Adapun untuk struktur kurikulum KKNI memiliki level muatan yang terdiri dari kurikulum mata kuliah Wajib Nasional, Wajib Universitas, Wajib Fakultas, Wajib Jurusan, Wajib Prodi dan mata kuliah Pilihan. Selanjutnya, metode pengukuran CP terhadap mahasiswa yang biasanya diterapkan oleh Prodi Administrasi Publik jenjang S1 FIA UB adalah dengan cara 1) kuis, 2) diskusi kelompok, 3) kerja kelompok, 4) UTS dan UAS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Prodi Administrasi Publik FIA UB sudah mengimplementasikan kurikulum berbasis KKNI sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Adapun saran yang diperlukan Fakultas atau Jurusan segera mengusulkan pada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk segera membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang diberi kewenangan untuk melakukan diklat atau training terhadap para lulusan Prodi Administrasi Publik. Hal ini dikarenakan sampai saat ini BNSP belum memiliki LSP khusus administrasi publik sehingga semua lulusan dari Administrasi Publik di Indonesia belum ada yang memiliki sertifikasi dari BNSP-LSP.

English Abstract

Indonesian National Qualification Framework Curriculum (INQF) or Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nassional Indonesia (KKNI) is a curiculum that used to measure the success of the educational process that refers to the learning outcome (LO). This curriculum expected to produce qualified and certified graduates. Undergraduate Public Administration Studi Program in Faculty of Administration Science (FIA) Universitas Brawijaya (UB) has implemented KKNI curriculum since 2014. The aims of this study are to answer the question about: 1) How the implementation of INQF curriculum in Undergraduate Public Administration Studi Program FIA UB is, and 2) which factors support and inhibit that infuence the implementation of INQF curriculum in Undergraduate Public Administration Studi Program FIA UB are. This study used descriptive qualitative approach and also used interview, observation and documentation as data collection technique. The theory used as reference materials research is about public policy such as public policy implementation theory that describes about public policy models and factors that influence public policy implementation. The result of the study is that Undergraduate Public Administration Study Program FIA UB is involving some policy actors such as leaders, professors, doctors, and all lecturers based on main duties and function. Then, the prohibition factors of INQF curriculum policy implementation are from communication, resources, disposition and bureaucracy structur. While, the inhibition factor comes from disposition factor because in fact, some of lecturers lack of commitment. Furthermore, the INQF curriculum structure has level of charge that consisting of national compulsary subject, university compulsary subject, majors compulsary subject, study program compulsary subject, and optional subject. Further, there are 4 LO measurement methods that used by Undergraduate Public Administration Study Program FIA UB such as 1) quiz, 2) group discussion, 3)group work, 4) middle test and final test. The conclusions of this study are Undergraduate Public Administration Study Program FIA UB implemented INQF curriculum accordance to applicable law. Furthermore, the suggestion for the Faculty or for the Department is they should propose on National Professional Certification Board (BNSP) immediately to form Professional Certification Board (LSP) that will be given the authority to conduct the training to Public Administration Studi Program graduates. It is because BNSP still has no LSP that specifically for public administration graduates so that all of the public administration graduates in Indonesia has no certification from BNSP-LSP.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/378.199/PRI/i/2017/041708512
Uncontrolled Keywords: UNIVERSITIES AND COLLEGES - CURRICULA, PUBLIC ADMINISTRATION
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.1 Organization and activities in higher education > 378.19 Guidance, discipline, physical plant, welfare, students, curricula
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:51
Last Modified: 18 Dec 2020 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2495
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3 Analisis Sosial Seting Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB 3 Analisis Sosial Seting Penelitian.pdf

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4 Metode Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB 4 Metode Penelitian.pdf

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5 New Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB 5 New Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf]
Preview
Text
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item