Social Affirmation In Social Media By American Teenagers Depicted In Nerve Movie

Hapsari, Andina Diah (2017) Social Affirmation In Social Media By American Teenagers Depicted In Nerve Movie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Distingsi merupakan istilah yang didasarkan oleh suatu usaha dimana orang-orang membedakan diri satu sama lain dalam masyarakat. Penelitian ini menganalisa suatu bentuk dari distingsi antara para remaja dalam film yang berjudul Nerve. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan sebuah permasalahan studi, yaitu: (1) Bagaimana para karakter membedakan diri dari satu sama lain untuk mencari penegasan sosial seperti ditunjukkan dalam film Nerve? Penelitian ini menggunakan konsep dari Distinction oleh Pierre Bourdieu (1984) mengenai konsep kelas sosial dan kunci konstruk yaitu habitus, ranah dan modal. Data dari penelitian ini adalah pengambilan adegan dan transkrip dialog para karakter film Nerve untuk membantu memudahkan analisis. Telah ditemukan bahwa remaja di dalam film hidup dalam sebuah habitus dimana mereka membutuhkan penegasan sosial untuk mengidentifikasi posisi mereka dibanding satu sama lain. Untuk pemain, mereka menunjukkan kapital budaya mereka dengan memberanikan diri untuk menghadapi tantangan dan memiliki pengikut menunjukkan bagaimana mereka memiliki kapital sosial. Sedangkan penonton memiliki kapital ekonomi dengan membayar sejumlah uang hingga mereka dapat memberikan perintah untuk pemain. Pemain dan penonton menunjukkan kapital mereka dalam permainan Nerve sebagai medan perang kapital mereka. Jumlah penonton dianggap sebagai kapital simbolik untuk menjelaskan popularitas dan seberapa banyak pengakuan yang didapatkan oleh pemain di dalam permainan untuk menegaskan identitas mereka. Pemain membedakan diri dengan mengambil tantangan yang paling berbahaya dari penonton, namun penonton memiliki distingsi tertinggi dengan memberikan perintah yang berarti mereka memiliki posisi lebih unggul daripada pemain. Dapat dilihat bahwa ranah ini menunjukkan bahwa distingsi antara pemain dan penonton dalam Nerve berbeda. Penonton memiliki posisi lebih unggul dibandingkan pemain karena mereka memegang peran yang penting untuk menentukan identitas dan kelanjutan dari tiap pemain di dalam permainan online Nerve untuk membantu pemain mencapai dan memenuhi kebutuhan mereka akan penilaian dan pengakuan melalui penegasan sosial. Pada akhirnya, uang sebagai bagian dari kapital ekonomi dianggap sebagai pemenang dari ranah tersebut.

English Abstract

Distinction is a term based on the effort of how people differentiate themselves from one another in society. Distinction is necessary to be observed in the matter of why it is shown through movie scenes and dialogues. This research analyzes a form of distinction among teenagers in a movie entitled Nerve. This research attempts to figure out one problem of the study, which is: (1) How do the characters distinct themselves from one another to seek for social affirmation as shown in Nerve movie? This research uses the concept of Distinction by Pierre Bourdieu (1984) about his concept of social classes and his key constructs which are known as habitus, field and capital. The data of this research were in a form of screen captures of the movie scenes and also transcripts from the characters’ dialogues in Nerve movie in order to help simplify the analysis. It is found that pursuing social affirmation is a habitus of America which represented by the movie Nerve. For the players, they excercise their cultural capital that is being a risk taker and by having followers are showing how they excercise their social capital. While the watchers own economic capital by being able to pay some amounts of money so that they could give order to the players. Players and watchers excercise their capital in Nerve game as their capital battlefield.Number of watchers also considered as symbolic capital to define players’ popularity and how much recognition the players have earned in the game to affirm their identity. The players distinct themselves by taking the most risky challenge from watchers, but watchers have the highest distinction by giving order means they are the superior over the players. It can be seen that the field show that distinction between players and watchers is that the watchers own a superior position compared to the players because they hold an important role to determine the identity and the continuity of each player inside the online game to help the players reach and fulfill their needs of assessment and recognition through social affirmation. In the end, money as the economic capital is considered as the one to win in the field.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/649/051707429
Uncontrolled Keywords: Distinction, Social Affirmation, Nerve.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.2 Age groups > 305.231 Child development > 305.235 Young people twelve to twenty
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Sep 2017 06:57
Last Modified: 23 Oct 2020 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2476
[thumbnail of Andina Diah Hapsari.pdf] Text
Andina Diah Hapsari.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item