Rabbaniy, Wildan Labieb (2017) Ayah Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Manusia tak lepas dari sebuah realitas kehidupan yang keras, tingkat kesabaran manusia diuji agar bisa merealisasikan berbagai macam persoalan. Realitas muncul membentuk pengalaman khusus didalam diri manusia agar menjadi cerita menarik dalam kehidupan, seperti pengalaman menarik penulis dengan sosok ayah, pengalaman tersebut penulis ungkapkan melalui karya seni lukis yang menjadi sumber inspirasi berkarya seni. Bentuk visual pada karya penulis yaitu, mengaplikasikan karakter builder(tukang) pada game clash of clan sebagai ilustrasi sosok ayah, karena karakter pada game tersebut merupakan sosok pekerja dalam membangun desa, maka interpretasi sosok pekerja sebagai acuan penulis bahwa ayah sebagai ilustrasi karakter builder(tukang), namun penulis membedakan bahwa ayah menjadi sosok pekerja yang dapat membangun keutuhan keluarga. Pada penciptaan karya seni lukis, penulis terinspirasi dari karya Mufi Mubaroh dan Dias Prabu. Landasan berfikir dan penciptaan penulis meliputi pengertian seni lukis, jenis-jenis kartun seperti Comic Cartoon, Gag Cartoon, Political Cartoon, Animated Cartoon, tetapi karya penulis cenderung berjenis Gag Cartoon yang merupakan gambar bebas bersifat hanya untuk menghibur atau sebatas lelucon tanpa memiliki makna menyindir, dan aplikasi karya penulis masuk pada rana pop art, karena cenderung menggunakan warna-warna cerah dengan teknik datar atau blok. Penulis memilih ketiga landasan tersebut untuk memperkuat pemilihan teknik maupun karakter pada penciptaan karya penulis. Penciptaan karya seni lukis penulis mengadopsi metode Alma Hawkins meliputi beberapa tahapan pada proses penciptaan, yaitu tahap eksplorasi sebagai tahap penggalian ide atau gagasan, maka penulis menjabarkan eksplorasi konsep dan eksplorasi bentuk untuk mempermudah dalam menentukan bentuk visual, tahap improvisasi sebagai tahap mengembangkan goresan garis pada karya yang tak sesuai rencana awal, sedangkan tahap pembentukan sebagai tahap perwujudan karya, seperti proses pemasangan kain kanvas, pelapisan kain kanvas, memindahkan sketsa, pewarnaan visual, hingga proses finishing menggunakan cat spray dan mengecat bagian sisi kanvas dengan cat hitam karena penulis tidak menggunakan pigura.
English Abstract
Human does not separate from the reality of hard life, the level of human patience is tested in order to realize the kind of problems. Reality appears to make specially experience in human in order to be an interesting story in their life, like an interesting experience of the author with a father figure, the author expresses that interesting experience through the painting art that to be basic of inspiration to make a creation. The visual shape of author‟s creation is, applying the builder character in Clash of Clan game as illustration of father figure, because character in the game is the worker figure in building village, so, the interpretation of the worker figure as the author‟s reference that the father as illustration of the builder character, but, the author differentiates that a father is a worker figure who‟s can build the family. In the process of making painting art creation, the author inspired by Mufi Mubaroh and Dias Prabu creations. The base of thinking and creating of the author involves understanding of painting art, kind of cartoon like a Comic Cartoon, Gag Cartoon, Political Cartoon, Animated Cartoon, but the author‟s creation tends to Gag Cartoon type which is the independent drawing with aim to entertain and only for jokes without having the satirize meaning, and the author‟s application belonging in pop art domain, because it tends to use bright colours with flat technique or blocked. The author choosed all of three bases to strengthen in choosing a technique or the character in process of making the author‟s creation. The process of making creation by author adopted the method of Alma Hawkins involves several steps, that is exploration as a digging ideas stage, so, the author spells out between exploration concept and exploration shape to make it easy in determining the visual shape, improvitation step as a stage of developing scratches line in the creation that does not fit on a first plan, while the formation step as a shaping creation stage, like the process of setting up the fabric of canvas, coating the fabric of canvas, move the sketches, visual coloring, till‟ finishing process to use paint spray and paint the side of the canvas with the black paint because the author does not use the frame.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/609/051707389 |
Uncontrolled Keywords: | Ayah, Inspirasi, Karya Seni Lukis |
Subjects: | 700 The Arts > 757 Human figures > 757.3 Men |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 02:46 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 06:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2385 |
Preview |
Text
Rabbaniy, Wildan Labieb.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |