Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Ekuitas Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Wig Merek Ghost Cos Pada Komunitas Cosplay Di Malang)

Ayu, Ratya Ratna (2014) Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Ekuitas Merek Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Wig Merek Ghost Cos Pada Komunitas Cosplay Di Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang seiring semakin berkembangnya teknologi komunikasi serta tingginya aktivitas masyarakat Indonesia maka kebutuhan masyarakatpun semakin beragam khususnya yang berhubungan dengan hobi. Masyarakat menyalurkan hobi bersama dalam sebuah komunitas, dan dengan komunitas ini mereka saling berlomba mencari produk yang dapat menunjang kegiatan mereka. Bagi pebisnis hal ini merupakan peluang yang cukup menggiurkan dan membuat para penjual menghadapi situasi yang sangat kompetitif. Cara yang paling mudah dan murah untuk memperkenalkan produknya adalah melalui komunikasi dari mulut ke mulut atau Word of Mouth (WOM). Komunitas adalah salah satu alat yang mempercepat informasi Word of Mouth, hal ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan evaluasi layanan dan informasi mendalam dari pelanggan yang berpengalaman lainnya dalam waktu singkat. Tujuan penelitian ini antara lain menganalisis dan menjelaskan pengaruh WOM terhadap Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek yang merupakan variabel dari Ekuitas Merek, selain itu juga menganalisis dan menjelaskan pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian, serta menganalisis dan menjelaskan pengaruh WOM terhadap Keputusan Pembelian. Hipotesis pada penelitian ini antara lain WOM yang berpengaruh signifikan terhadap variabel-variabel dari Ekuitas Merek yang meliputi kesadaran merek, presepsi kualitas, loyalitas merek, asosiasi merek. Ekuitas Merek yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan WOM yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatoris dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendistribusian kuesioner terhadap 78 orang responden yang merupakan cosplayer dari 2 komunitas cosplay di Malang, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa analisis jalur (Path analysis). Hasil penelitian ini adalah Word Of Mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel-variabel dari Ekuitas Merek yang meliputi kesadaran merek, presepsi kualitas, loyalitas merek, asosiasi merek. Variabel kesadaran merek dan persepsi kualitas memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangakn Loyalitas Merek dan Asosiasi Merek memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Word Of Mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

Background as the development of communication technology and the high activity of the people of Indonesia, the needs is more diverse on the society, especially related to the hobby. Peoples shared hobby in a community, and with this community they compete to find products that can support their activities. For business people this is a pretty lucrative opportunity and make the sellers face a very competitive situation. The easiest and cheapest way to introduce the product is through Word of Mouth (WOM). Community is a tool that can speeds up Word of Mouth information, it's an effective way to get in-depth service evaluations and in-depth information from other experienced customers. The purpose of this study is to analyze and explain the influence of WOM on Brand Awareness, Quality Perceptions, Brand Loyalty, Brand Associations which are variables of Brand Equity, but also analyze and explain the effect of Brand Equity on Purchase Decision, and analyze and explain the influence of WOM on Decision Purchase. Hypothesis in this research, WOM has a significant effect on the variables of Brand Equity which includes brand awareness, quality perception, brand loyalty, brand association. Brand Equity which has significant influence on Purchase Decision and WOM which has significant influence to Purchase Decision This research is an explanatory research with quantitative approach with survey method. This research method is done by distributing questionnaires to 78 respondents who are cosplayer from 2 cosplay community in Malang, analyzed by using descriptive analysis and inferential statistical analysis in the form of path analysis. The result of this research is Word Of Mouth has a significant influence on the variables of Brand Equity which include brand awareness, quality perception, brand loyalty, brand association. Variables of brand awareness and perception of quality have a significant influence on Purchase Decision, while Brand Loyalty and Brand Associations have no significant effect on Purchase Decision. Word Of Mouth has a significant influence on Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/AYU/p/2014/0417078264
Uncontrolled Keywords: WORD OF MOUTH ADVERTISING, BRAND NAME PRODUCTS, PURCHASING - DECISION MAKING
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:53
Last Modified: 11 Sep 2017 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2339
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (929kB) | Preview
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV METODE PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item