Pengaruh Pengumuman Merger dan Akuisisi Terhadap Return Saham Bank Umum Di Bursa Efek Jakarta Periode 1997-2

Zen, Fadia and Drs. Soemarsono, M.M and DR. Armanu Thoyib, SE, M.Sc (2003) Pengaruh Pengumuman Merger dan Akuisisi Terhadap Return Saham Bank Umum Di Bursa Efek Jakarta Periode 1997-2. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris yang menguji tentang pengaruh pengumuman merger dan akuisisi dalam industri perbankan di Indonesia periode 1997-2002. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah pengumuman merger dan akuisisi berpengaruh terhadap return saham bank umum selama periode pengamatan (event window) dengan menggunakan metodologi event study. Metodologi ini menghitung return saham melalui penghitungan abnormal return, abnormal return rata-rata, dan abnormal return kumulatif rata-rata. Model event study yang diterapkan pada penelitian ini adalah market adjusted model yang beranggapan bahwa return indeks pasar merupakan alat estimasi terbaik untuk mengestimasi return surat berharga. Hipotesis-hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini antara lain : (1): Diduga bahwa pengumuman merger dan akuisisi mengakibatkan adanya abnormal return yang signifikan negatif bagi bank-bank umum yang menjadi akuisitor merger dan akuisisi . ( 2) Diduga bahwa pengumuman merger dan akuisisi mengakibatkan adanya rata-rata abnormal return yang signifikan positif bagi bank-bank umum yang menjadi target dalam aktivitas merger dan akuisisi. (3) Diduga bahwa ada perbedaan rata-rata abnormal return yang diperoleh pemegang saham bank umum akuisitor antara sebelum dengan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. (4 ) Diduga bahwa ada perbedaan rata-rata abnormal return yang diperoleh pemegang saham bank umum target antara sebelum dengan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Hipotesis 1 dan 2 dianalis dengan menggunakan one sample t-test, sedangkan hipotesis 3 dan 4 dianalisis dengan menggunakan yang diolah dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows Release. Hasil dari analisis dengan menggunakan uji t mengindikasikan hal-hal berikut ini: ( 1 ) Bank akuisitor tidak mendapatkan abnormal return yang signifikan negatif di seputar pengumuman. (2) Bank target tidak mendapatkan abnormal return yang signifikan positif di seputar pengumuman. (3) Tidak ada perbedaan nyata antara abnormal return yang diperoleh bank akuisitor antara periode sebelum dengan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. (4) Tidak ada perbedaan nyata antara abnormal return yang diperoleh bank target antara periode sebelum dengan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak. Kondisi ini kemungkinan besar karena investor/pelaku pasar telah mengetahui informasi ini sebelum merger dan akuisisi ini diumumkan. Oleh karena itu pelaku pasar tidak memberikan respon yang berlebihan terhadap peristiwa ini. Bukti empiris penelitian ini mengindikasikan bahwa pasar modal Indonesia tidak efisien .

English Abstract

This study is an empirical study that exams the effect of merger and acquisition announcement within the banking industry on Indonesia which took place between 1997-2002. The purpose of this research is to obtain empirical evidence of whether a merger and acquisition affect on banking stock return whithin the event window use the event study methodology. This methodology calculates stock return through abnormal return, average abnormal return,and cumulative average abnormal return. Event study that applied on this research based on market adjusted model that assume the market indeks return is the best estimator to estimate securities return. The hypothesis proposed in this study are as follows: ( 1) merger and acquisition announcement cause the acquiring bank get significant negative average abnormal return during the announcement period. (2) merger and acquisition announcement cause the target get significant positive average abnormal return during the announcement period. (3) There is a significant difference average abnormal return to acquiring bank between the period before and the period after a merger and acquisition announcement. (4) There is a significant difference average abnormal return to target between the period before and the period after a merger and acquisition announcement. The hypothesis 1 and 2 analysis using one-sample t-test, while the hypothesis 3 and 4 analysis using paired-sample t-test that processing by computer program SPSS for Windows Release. Result of analyses using t-test indicate the following: (1 ) Acquiring bank get no significant negative average abnormal return during the announcement period . (2) merger and acquisition announcement cause the target get no significant positive average abnormal return during the announcement period . (3) There was no significant difference average abnormal return to acquiring bank between the period before and the period after a merger and acquisition announcement. (4 ) There was no significant difference average abnormal return to target between the period before and the period after a merger and acquisition announcement. This result shows that this research rejects all of hypoteses. This happens probably because the public knows information about merger and acquisition prior to the announcement, therefore investors was not gave a big respon to the event. Empirical evidence of this study indicates that capital market in Indonesia is not efficient .

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040302
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:48
Last Modified: 26 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231108
[thumbnail of Fadia Zen.pdf] Text
Fadia Zen.pdf

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item