Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembeuanhandphonemerer Nokia (Survey Padamahasiswa Non Reguler Fakuttas Llmuadministrasi" Jurusan Administrasi Bisnis Dan Publik Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2003/2004 Dan 2004/2005)

Anuraga, Fikri and Drs.Soekarto, MSi and Drs. Edv Yulianto, MP (2006) Pengaruh Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembeuanhandphonemerer Nokia (Survey Padamahasiswa Non Reguler Fakuttas Llmuadministrasi" Jurusan Administrasi Bisnis Dan Publik Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2003/2004 Dan 2004/2005). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial psikologis konsumen yakni motivasi,persepsi, proses belajar, dan sikap serta mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam membeli handphone merek nokia.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory yaitu suatu penelitian yang mepjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian dan pengujian hipotesa. Sehingga penelitian ini juga sering disebut penelitian pengujian hipotesa, yaitu penelitian yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel yang dirumuskan.Data- data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan mengedarkan kuesioner kepada beberapa responden yang terpilih dan data sekunder yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara meliputi: Struktur organisasi dan diskripsi jabatan,Data Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005. Data-data tersebut dianalisis dengan memberikan kontribusi sebesar 37 %. menggunakan Alat Analisis Regresi Linier Berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, variabel bebas yang terdiri dari variabel motivasi (Xi), variabel persepsi (X2), Belajar (X3), sikap (X4) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian handphone merek nokia (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.965. Variabel motivasi (Xi) memiliki koefisien determinasi parsial yang paling besar yaitu menggunakan Alat Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, variabel bebas yang terdiri dari variabel motivasi (Xi), variabel persepsi (X2), Belajar (X3), sikap (X4) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian handphone merek nokia (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.965. Variabel motivasi (Xi) memiliki koefisien determinasi parsial yang paling besar yaitu: Kesimpulan dari penelitian ini, variabel dalam konsep psikologis mampu menjelaskan keragaman keputusan pembelian handphone merek nokia yaitu sebesar 996,5 %. Berdasarkan kesimpulan di atas, hal ini merupakan indikator bagi produsen maupun distributor handphone merek nokia dalam meningkatkan kualitas produk serta berbagai fasilitas maupun feauture yang disediakan dalam handphone . Variabel motivasi paling berpengaruh dalam keputusan pembelian handphone merek nokia dengan kata lain bahwa banyak konsumen yang sangat tertarik, maka pihak produsen maupun distributor hendaknya meninjau mutu produk dengan lebih meningkatkan berbagai feauture atau fasilitas yang dimiliki seperti menu-menu yang semakin canggih dan lengkapserta model yang terns berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 040603
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:00
Last Modified: 25 Sep 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231107
[thumbnail of FIKRI ANURAGA.pdf] Text
FIKRI ANURAGA.pdf

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item