Festiarsi, Desy and Drs. Soekarto, M.Si, and Dra. Srikandi Kumadji, MS, (2006) “Periklanan dan Perilaku Konsumen : Suatu Kajian Efek Iklan Teh Botol Sosro di Televisi Terhadap Perilaku Konsumen (Studi pada Konsumen Teh Botol Sosro KFC ( Kentucky Fried Chicken) Malang Town Square)”,. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Periklanan sebagai usaha untuk memaksa orang untuk mengikuti langkahlangkah tertentu, dimulai dengan ketidaktahuan atas produk tertentu hingga akhimya membeli produk tersebut. Langkah-langkah tersebut membagi perilaku konsumen dalam tiga dimensi yaitu kognitif, afektif dan konatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efek iklan teh botol Sosro di televisi terhadap perilaku konsumen, serta untuk mengetahui variabel dalam efek iklan teh botol Sosro di televisi yang dominan terhadap keputusan pembelian sebagai salah satu bentuk dari perilaku konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah causal research dengan metode penelitian survey. Penelitian dilakukan pada konsumen teh botol Sosro di KFC Malang Town Square, dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi linier berganda, regresi parsial, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif serta signifikan antara efek iklan di televisi berupa kognitif, afektif, konatif dengan keputusan pembelian sebagai salah satu bentuk dari perilaku konsumen, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi berganda atau multiple R sebesar 0,795 dengan F hitung 40,705 lebih besar dari F Tabel (2,7336), sehingga Ho ditolak dan angka probabilitas 0,000 (p < 0,05) yang berarti tingkat keeratan hubungannya kuat. Variabel kognitif (Xi), afektif (X2), dan konatif (X3) memberikan kontribusi atau sumbangan terhadap variabel keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,632. Variabel konatif merupakan variabel yang dominan dalam efek iklan teh botol Sosro terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 5,540 dan koefisien beta sebesar 0,481 dengan probabilitas 0,000. iBerdasarkan hasil penelitian, kesimpulannya adalah periklanan dan perilaku konsumen memiliki hubungan yang kuat, dan efek iklan yang dominan terhadap keputusan pembelian adalah konatif. Saran yang diajukan adalah perusahaan perlu mengkaji dan mengembangkan konatif sehingga dapat merencanakan iklan yang efektif sesuai selera konsumen dan pangsa pasar. Strategi yang hams dijalankan Sosro sebagai pemimpin pasar adalah upaya modifikasi dan perbaikan produk yang berkelanjutan, serta memfokuskan iklan pada dorongan permintaan selektif.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 040603 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:28 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229915 |
Text
DESY FESTIARSI.pdf Download (15MB) |
Actions (login required)
View Item |