Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Front Office Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Hotel

Andriani, Dessy and Drs. Kerlahadi, MCom and Drs. Nananal Rivadi, MSi (2006) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Front Office Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Hotel. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan perhotelan merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dengan mengutamakan pelayanan yang maksimal, meningkatnya tamu yang datang setiap hari maka diperlukan suatu sistem informasi yang lebih tersetruktur. Front office merupakan ujung tombak dalam bidang bisnis perhotelan maka dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari bagian front office memerlukan sistem informasi yang dapat mengatasi beberapa masalah yang muncul, antara lain pengolahan data tamu yang datang dan pembuatan laporan yang masih manual. Kemampuan untuk mengolah data dan menyajikannya sebagai suatu informasi yang berkualitas dengan cepat, tepat, dan mudah menjadi tuntutan tersendiri bagi pihak perusahaan. Analisis terhadap sistem informasi yang telah ada perlu dilakukan, sehingga dapat diambil langkah-langkah selanjutnya sebagai pemecahan kelemahan sistem informasi yang ada. Dan dengan pemecahan kelemahan tersebut, dapat diusulkan suatu rancangan sistem informasi sebagai perbaikan sistem informasi yang ada, dengan memanfaatkan komputer dan internet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memberikan solusi kepada pemakai sistem dalam hal penyajian informasi berbasis komputer. Kondisi sistem informasi front office pada bagian reservasi dan bagian front office sendiri serta pembuatan laporannya yang masih manual menyebabkan terhambatnya kineija pegawai dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Penggunaan komputer merupakan sarana agar para pegawai dibagian ujung tombak dapat memberikan pelayanan secara maksimal terhadap para tamu serta manajemen dapat memperoleh informasi yang berkualitas dan penggunaan jaringan komputer yang berbasis intranet merupakan upaya untuk meminimalkan penggunaan kertas laporan dan mempercepat proses pelaporan antar bagian. Perancangan sistem informasi front office diawali dengan merancang data flow diagram dilanjutkan dengan merancang entity relationship diagram. Penggunaan sistem informasi front office yang berbasis komputer dengan menggunakan fasilitas internet ini diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data-data yang masuk dibagian front office dan bagian reservasi serta dapat mendukung pengambilan keputusan yang tepat bagi manajemen.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040603
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:33
Last Modified: 02 Sep 2024 01:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229902
[thumbnail of DESSY ANDRIAN!.pdf] Text
DESSY ANDRIAN!.pdf

Download (19MB)

Actions (login required)

View Item View Item