Analisis City Branding “Depok A Friendly City” Dalam Rangka Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kota Depok (Studi Pada Bappeda Dan Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata Seni Dan Budaya Kota Depok)

Diana, Dinda Mei (2017) Analisis City Branding “Depok A Friendly City” Dalam Rangka Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Kota Depok (Studi Pada Bappeda Dan Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata Seni Dan Budaya Kota Depok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis dari city branding “Depok a Friendly City” dalam rangka meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke Kota Depok (studi pada BAPPEDA dan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Seni dan Budaya Kota Depok). Teori city branding merupakan teori yang menjelaskan bagaimana implementasi Pemerintah dalam membentuk city branding Kota Depok. Teori minat berkunjung dapat di lihat dengan adanya city branding tersebut dapat menaikkan jumlah kunjungan pada wisatawan. Sedangkan teori wisatawan merupakan teori yang menjelaskan sikap atau perilaku individu yang memiliki waktu luang untuk melakukan sebuah perjalanan jauh yang dapat dikatakan sebagai seorang wisatawan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang analisis dari implementasi city branding Kota Depok berjalan dengan efektif. Penelitian dilakukan di Kantor BAPPEDA Kota Depok dan di kantor Disbudpar Kota Depok Jl. Margonda Raya No.54 Kota Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan potensi dan keunggulan pada sektor pendidikan, pelayanan, dan pariwisata, Kota Depok dapat memiliki identitas yang kuat sebagai kota yang bersahabat terhadap seluruh elemen yang ada di dalamnya. Semangat pejuang dalam merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia menjadi inspirasi Pemerintah Kota Depok untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat. Dengan peralihan brand menjadi Friendly City merupakan salah satu tonggak awal pemkot untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat setempat, dan salah satu cara untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang tiga aspek unggulan Kota Depok yang dapat menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat Indonesia untuk mengunjungi dan memilih untuk tinggal di Kota Depok.

English Abstract

The purpose of this research is to describe the analysis of “Depok a Friendly City” city branding in order to increase tourist interest in visiting Depok City (Study at BAPPEDA and Department of Youth, Sport, Tourism, Arts, and Culture of Depok City). The theory of city branding is a theory that explains how the implementation of government in forming city branding of Depok City. The theory of interest to visit can be seen by the city branding has been able to increase the number of tourist. While the theory of tourists is a theory that explains the attitude or behavior of individuals who have spare time to make a journey that can be said as a tourist. This type of research is descriptive research with qualitative approach. This study describes the analysis of the implementation Depok city branding run effectively. Research was done at BAPPEDA Office in Depok and Disbudpar Office on Margonda Raya Street Number 54, Depok City. The research result shows that with the potentials and advantages in education, service, and tourism sectors, Depok could have strong brand as a friendly city to every elements inside of it. The fighters spirit in seizing Indonesia’s freedom can be an inspiration for Depok City Government in Improving quality of service to all people, with the brand transition into “ Friendly City” as the first step from Depok City Government for life quality improvement of local community, and one of the ways of introducing to wider community the city’s three main advantages which can attract tourists and people to visit and choose to settle in Depok City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/769/051708456
Uncontrolled Keywords: City Branding, Minat Berkunjung, Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:29
Last Modified: 11 Sep 2020 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2289
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item