Pembentukan Identitas Melalui Proses Akuisisi BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) pada siswa Tuli di SLB B Pembina Palembang

Fardan, Yusup and Nindyo Budi Kumoro, S.Ant, M.A (2024) Pembentukan Identitas Melalui Proses Akuisisi BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) pada siswa Tuli di SLB B Pembina Palembang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dan BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) menjadi sebuah fenomena bahasa yang cukup pelik dalam dunia kebahasaan di komunitas Tuli Indonesia. SIBI menjadi sebuah bahasa resmi, tetapi mendapatkan penolakan dari sebagian besar siswa Tuli yang lebih mengedepankan penggunaan BISINDO. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) menjadi sebuah identitas yang melekat kuat pada komunitas Tuli di SLB-B Negeri Pembina Palembang dan penolakan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) pada siswa Tuli. Penelitian ini melihat fenomena akar yang memengaruhi pemebentukan identitas tersebut yaitu proses akuisisi bahasa dengan menggunakan teori konstruksivisme dari Jean Piaget dan teori konstruksi sosial dari Berger & Luckman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu etnografi dengan melakukan wawancara dan observasi di SLB-B Negeri Pembina Palembang.

English Abstract

SIBI (Indonesian Sign Language System) and BISINDO (Indonesian Sign Language) are quite complicated language phenomena in the linguistic world of the Indonesian Deaf community. SIBI became an official language, but received resistance from the majority of Deaf students who preferred the use of BISINDO. For this reason, this research aims to find out how BISINDO (Indonesian Sign Language) has become an identity that is strongly attached to the Deaf community at SLB-B Negeri Pembina Palembang and the rejection of SIBI (Indonesian Sign Language System) among Deaf students. This research looks at the root phenomenon that influences identity formation, namely the language acquisition process using constructivism theory from Jean Piaget and social construction theory from Berger & Luckman. This research uses qualitative methods, namely ethnography by conducting interviews and observations at SLB-B Negeri Pembina Palembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: SIBI, BISINDO, Bahasa Isyarat, Identitas, Realitas-SIBI, BISINDO, Sign Language, Identity, Reality
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:37
Last Modified: 21 Oct 2024 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/227281
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yusup Fardan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item