Arissetio, Dhana (2017) Motivasi dan Persepsi Konsumen Terkait Atribut Produk Media Streaming Music Spotify dan Joox. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan media streaming music di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam industri media streaming music yang mulai merambah di pasar Asia, terkhusus di Indonesia. Spotify merupakan media streaming music asal Swedia dengan pemegang market share tertinggi dalam lingkup global pada tahun 2016, sedangkan Joox merupakan media streaming music asal Tiongkok dengan status pemegang market share tertinggi dalam lingkup Asia di tahun yang sama. Perbedaan tersebut membuat persaingan yang semakin kuat ketika Spotify mulai masuk dalam pasar Asia dan terkhusus di Indonesia. Persaingan ini membuat bertambahnya pilihan bagi konsumen dalam memilih media streaming music dengan cara membandingkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bahan analisa bagi perusahaan dalam menetapkan strategi perusahaan dengan tujuan memperoleh market share tertinggi dalam lingkup Asia, terkhusus di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan memiliki dua rumusan masalah, yaitu; (1) Bagaimana persepsi konsumen terkait atribut produk Spotify dan Joox? (2) Bagaimana motivasi konsumen dalam pemilihan media streaming music Spotify dan Joox?. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan maximal variation sampling dengan sumber data penelitian berasal dari informan serta dokumetasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan persepsi konsumen mengenai harga dan metode pembayarannya Spotify dan Joox sudah cukup baik. Konsumen merasakan timbal balik yang sesuai atas apa yang mereka bayarkan dan merasa dimudahkan dengan metode pembayaran yang disediakan untuk masing-masing media streaming music. Tetapi, Joox lebih diunggulkan dengan kemudahan dalam memperoleh premium dibandingkan Spotify. Persepsi konsumen mengenai fitur lebih mengunggulkan Spotify karena memiliki cakupan musik yang lebih luas dibandingkan Joox. Begitu juga dengan persepsi konsumen mengenai desain dan interface yang menyimpulkan konsumen lebih menyukai desain dari Spotify yang dinilai simpel, elegan dan mudah dimengerti. Persepsi kualitas audio dari Spotify dan Joox memiliki kesamaan dengan jumlah kualitas audio hingga 320 kbps untuk pengguna premium dan VIP. Motivasi yang membuat konsumen memilih media streaming music Spotify dan Joox ialah kebutuhan untuk mendengarkan musik, eksplorasi musik, dan fleksibilitas dalam mendengaran musik. Atribut produk Harga, fitur, kualitas audio dan desain merupakan motif pemilihan media streaming music Spotify dan Joox dengan fitur menjadi motif rasional pemilihan Spotify dan harga menjadi motif rasional konsumen memilih Joox.
English Abstract
Streaming music media competition in Indonesia continues to being increased. There have been many moving companies in the streaming music media industry who began venturing in the Asian market, particularly in Indonesia. Spotify is a streaming media music derived from Sweden with the holder of the highest market share in the global scope in 2016, while Joox is streaming music media derived from Chinese origin status of the holder of the highest market share in Asia within the framework of that same year. These differences make the stronger competition when Spotify began to enter the market in Asia and particularly in Indonesia. This competition makes increasing choice for consumers in choosing a streaming music media by way of comparing. The purpose of this research is to provide material for analysis in setting corporate strategy with the goal of obtaining the highest market share in Asia, especially in Indonesia. This research uses type of qualitative research with descriptive method and has two formula problems, i.e. (1) how the perception of consumers related to atribut product of Spotify and Joox? (2) How the motivation of consumers in choosing streaming music media of Spotify and Joox? The selection of informants in this study uses the maximal variation sampling with a source of research data comes from informants as well as documented. The analysis of the data used in this research is interactive data analysis with three stages, namely the reduction of the data, the presentation of data, as well as withdrawal and presentation of conclusions. The result of this research reveals perception of consumers about prices and payment methods of Spotify and Joox is already good enough. Consumers feel the reciprocity that fit over what they pay and feel be facilitated with the payment method is provided for each streaming music media. But, Joox more seeded with ease in obtaining the premium compared to Spotify. The perception of consumers about the features more favor Spotify because it has a wider musical scope compared to Joox. So, the perception of consumers about the interface design and concluded consumers preferred the design of Spotify which is rated, simple, elegant and easy to understand. The perception of the quality of audio from Spotify and Joox has in common with a number of audio quality to 320 kbps for VIP and premium users. The motivation that makes consumers choose media streaming music on Spotify and Joox is the need to listen to music, musical exploration, and flexibility in listening music. Product attributes price, features, audio quality and design are the motives selection of streaming music media on Spotify and Joox rational motives into feature selection Spotify and the price become rational motives of consumers to choose Joox.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/584/051707916 |
Uncontrolled Keywords: | streaming music, Atribut Produk, Persepsi, Motivasi. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 01:34 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 14:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2243 |
Preview |
Text
Dhana Arissetio.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |