Mulyadi, Yonathan Fanuel and Ir. Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. and Reza Andria Siregar, S.T., M.Kom. (2024) Pengembangan Sistem Layanan Mandiri Untuk Toko Ritel Di Kota Malang Sebagai Solusi Permasalahan Perbelanjaan Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Petrolux Arya Mandala). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berbelanja merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari – hari, yang mana hal ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun kegiatan berbelanja dapat dilakukan di banyak tempat seperti supermarket, minimarket, toko ritel, warung, dan lainnya. Salah satu destinasi perbelanjaan bagi masyarakat di Kota Malang merupakan Indomaret, yaitu toko ritel yang menyediakan berbagai macam jenis barang – barang kebutuhan sehari – hari, mulai dari makanan, minuman, bahan – bahan dapur, peralatan rumah tangga, dan lainnya. Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan dengan salah satu karyawan Indomaret, yaitu Sdr. Okky, maka didapati bahwa sistem manual yang masih digunakan saat ini masih dinilai kurang efektif, karena dengan sistem yang ada, proses berbelanja menjadi lebih lama. Hal ini dapat dilihat, ketika terjadi over capacity pelanggan di dalam toko, maka terdapat antrian yang panjang, sebagai akibat dari sistem manual yang masih dipakai, akibatnya, pelanggan yang melakukan perbelanjaan di dalam toko menjadi tidak nyaman, dan pengalaman berbelanja di Indomaret menjadi tidak baik. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem yang mampu memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, sehingga pengalaman pelanggan dalam berbelanja dapat meningkat, dan antrian didalam toko dapat teratasi. Dalam hal ini, dilakukan penelitian terhadap pengembangan, sistem pelayanan mandiri untuk toko ritel di Kota Malang sebagai solusi permasalahan perbelanjaan berbasis web menggunakan metode waterfall. Dari penelitian ini diperoleh 3 aktor, 20 kebutuhan fungsional, dan 2 kebutuhan non-fungsional, yang mana sistem ini telah melalui proses pengujian unit, pengujian validasi, dan pengujian kompatibilitas. Pada proses pengujian unit, dilakukan pengujian pada 3 method, sedangkan pada proses pengujian validasi, dilakukan pengujian terhadap seluruh kebutuhan fungsinal, dan memperoleh hasil valid, selain itu, pada pengujian kompatibilitas, diperoleh hasil bahwa sistem dapat berjalan dengan baik pada 4 browser yang berbeda, terdapat juga pengujian user acceptance pada 5 orang, dengan fitur yang diuji yaitu melakukan belanja mandiri, dihasilkan waktu pelaksanaan berkisar 1 – 3 menit.
English Abstract
Shopping is an activity commonly undertaken by the general society in their daily lives, with the aim to fulfil their basic needs. Shopping can take place in various locations, such as supermarkets, convenience stores, retail shops, and other establishments. One notable shopping destination for the residents of Malang City is Indomaret, which is a retail store that offers a wide range of everyday necessities, including food, beverages, kitchen supplies, household items, and more. Based on an interview conducted with one of Indomaret’s employees Mr. Okky, the writer found that the current manual system in use is considered to be less efficient, as it leads to prolonged shopping processes. It becomes a trouble, when the store is overly capacitated by customers, resulting in long queues. This inconvenience is provoked by the continued use of the manual system, thereby tarnishing the shopping experience at Indomaret. Therefore, it needs a system that could solve these issues, ultimately enhancing the sopping experience for customers and allevating in-store queues. In this regard, research has been conducted for the development of a self-service system for retail stores in Malang City as a web-based solution for shopping issues using the waterfall method. Through this research, 3 actors, 20 functional requirements, and 2 non�functional requirements have been identified. The system has undergone unit testing, validation testing, adn compatibility testing. In the unit testing phase, evaluations have been performed on 3 methods, while validation testing encompassed a comprehensive assessment of all functional requirements, yielding valid results. Furthermore, compatibility testing has confirmed that the system operates effectively accross 4 different web browsers. There is also user acceptance testing on 5 people, with the feature being tested, namely “melakukan belanja mandiri”, resulting in an implementation time ranging from 1 – 3 minutes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | berbelanja, sistem self-service, indomaret, toko ritel, metode waterfall |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223538 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yonathan Fanuel Mulyadi.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Actions (login required)
View Item |