Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Blackbox Di Cilandak, Jakarta Selatan

Bayu Hartyan, Yulius (2021) Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Blackbox Di Cilandak, Jakarta Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya bisnis food and baverage membuat persaingan menjadi lebih ketat. Setiap pelaku usaha memiliki cara masing-masing untuk menarik perhatian pelanggan. Komunikasi pemasaran dan word of mouth merupakan salah satu strategi untuk memasarkan usaha. Oleh karena itu, pelaku usaha harus memerhatikan faktor utama bagi konsumen dalam memengaruhinya dalam pengambilan keputusan dalam pembelian. Berdasarkan penjelasan diatas penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, mengetahui adanya pengaruh komunikasi pemasaran melalui indikator-indikatornya dalam keputusan pembelian, mengetahui adanya pengaruh word of mouth dalam keputusan pembelian dan mengetahui variable yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Restoran fast food cilandak Jakarta Selatan dimulai pada bulan September– Desember 2023. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dalam penentuan responden. Analisis data penelitian menggunakan metode Smart PLS untuk memprediksi hubungan variabel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh komunikasi pemasaran melalui indikator-indikatornya terhadap keputusan pembelian produk olahan Blackbox, mengetahui adanya pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk olahan Blackbox, dan mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk olahan Blackbox. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya karakterisitik konsumen dan tingkat keputusan pembelian konsumen dapat menjadi masukan bagi restoran fast food blackbox dalam meningkatkan strategi promosi terhadap konsumen agar mampu menghadapi persaingan. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa uji convergent validity didapatkan bahwa setiap variabel mendapatkan nilai loading factor > 0,50. Menurut Sugiono (2018) indikator setiap variabel dinyatakan valid jika nilai yang didapatkan loading factor > 0,50, secara umum nilai dari loading factor harus > 0,50 sehingga mengindikasikan bahwa nilai tersebut diatas nilai error variance. Berdasarkan nilai tersebut maka hasil uji convergent validity variabel yang digunakan sesuai dengan standart dan dapat dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keputusan pembelian mendapatkan nilai R-square Adjusted sebesar 0,606 yang berarti variabilitas keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh variabel independent yaitu komunikasi dan word of mouth dalam model sebesar 60,6% dan sisanya 39,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini menjelaskan model stuktural mengindikasikan bahwa model tersebut memiliki nilai yang baik.vi Kesimpulan dari penelitian ini adalah Komunikasi mendapatkan nilai P Values sebesar 0,000 < 0,05 dan T Statistik sebesar 5,135 > 1,662 serta nilai original sampel sebesar 0,608. komunikasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, maka H1 diterima. Word of mouth mendapatkan nilai P Values sebesar 0,021 < 0,05 dan T Statistik sebesar 2,317 > 1,662 serta nilai original sampel sebesar 0,346. Word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, maka H2 diterima. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah variabel Word of Mouth dengan nilai sebesar 0,313 yang termasuk kedalam kategori memiliki pengaruh besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052105
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:52
Last Modified: 08 Jul 2024 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223107
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YULIUS BAYU HARTYAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item