Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelajaran Bahasa Isyarat Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Android (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Rahmansyah, Muhammad Dzikri and Agi Putra Kharisma, S.T., M.T. and Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom (2024) Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Pembelajaran Bahasa Isyarat Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Android (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu proses interaksi yang sangat penting antar manusia untuk saling bersosialisasi serta menjembatani kultur dan latar belakang orang yang berbeda-beda. Komunikasi sering menjadi masalah pokok bagi penyandang tuna rungu. Penggunaan bahasa isyarat adalah langkah yang diambil oleh para penyandang tuna rungu untuk tetap mampu berinteraksi dengan masyarakat umum. Maka dari itu, untuk memastikan bahwa semua orang dapat berpartisipasi secara penuh dalam lingkungan sosial, penting bagi masyarakat umum untuk mempelajari bahasa isyarat sebagai sarana komunikasi dengan penyandang tuna rungu. Berdasarkan survei yang telah dilakukan kepada 111 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, 91% responden merasa tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat. Disamping itu, 91.9% responden tertarik untuk menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa isyarat yang menerapkan metode gamifikasi di dalamnya. Beberapa aplikasi pembelajaran bahasa isyarat telah dikembangkan, namun belum ada yang bisa melakukan translasi per kata dari gerakan ke teks, memberikan soal dalam memperagakan bahasa isyarat, serta menerapkan gamifikasi di dalamnya. Maka dari itu, dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa isyarat menggunakan metode prototyping berbasis Android untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan SDLC Prototyping, bahasa pemrograman Kotlin, Google Cloud Platform dan Room Database sebagai tempat penyimpanan data, serta arsitektur Model-View-View-Model. Aplikasi ini lalu diuji menggunakan black box testing dengan tingkat keberhasilan 100% dan usability testing dengan tingkat efektivitas 100%, serta nilai SUS 76.5 yang berarti aplikasi dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

Communication is one of the most crucial interaction processes among humans to socialize, bridge diverse cultures, and backgrounds. Communication often poses a significant challenge for people with hearing impairment. Utilizing sign language is a step taken by them to interact with others. Therefore, to ensure that everyone can fully participate in social environment, it is important for the general public to learn sign language as a means of communication for people with hearing impairment. Based on a survey conducted among 111 students of the Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya, 91% of the respondents expressed interest in learning sign language. Furthermore, if there is a sign language learning application implementing gamification methods, 91.9% of respondents are interested in using it. Several sign language learning applications have been developed, but none have been able to translate movement into text, provide sign language demonstration questions, and implement gamification. Therefore, an Android-based sign language application was developed using prototyping method for students of the Faculty of Computer Science, Universitas Brawijaya. This application was developed using prototyping software development life cycle, Kotlin programming language, Google Cloud Platform & Room Database for data storage, and Model-View-ViewModel architecture. The application was then tested using black box testing, achieving a success rate of 100%, and usability testing, resulting in an effectiveness rate of 100% and an SUS score of 76.5, indicating that the application is acceptable to users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Android, Pembelajaran Bahasa Isyarat, Prototyping, Gamifikasi, Google Cloud Platform, Room Database
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:54
Last Modified: 25 Jul 2024 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223001
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Dzikri Rahmansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item