Evaluasi Pengalaman Pemain pada Gim Hades Menggunakan Ubisoft Perceived Experience Questionnaire

Badrudduja, Ataka and Eriq Muhammad Adams Jonemaro, S.T., M.Kom. and Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc. (2024) Evaluasi Pengalaman Pemain pada Gim Hades Menggunakan Ubisoft Perceived Experience Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hades adalah sebuah gim roguelike populer. Hades menawarkan pengalaman bermain yang unik dan menantang, yang erat kaitannya dengan locus of control dan efikasi diri pemain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pemain gim Hades menggunakan Ubisoft Perceived Experience Questionnaire (UPEQ), sebuah alat pengujian pengalaman pengguna yang berfokus pada tiga komponen: competence, autonomy, dan relatedness. UPEQ dikembangkan berdasarkan self-determination theory (SDT), yang menekankan tiga aspek psikologis utama dalam menjaga motivasi intrinsik. Penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi dan membandingkan pengalaman pemain baru dan berpengalaman dalam gim Hades, serta memberikan wawasan tambahan dalam perancangan pengalaman pemain gim. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah sejauh mana perbedaan pengalaman pemain dalam hal competence, autonomy, dan relatedness antara pemain berpengalaman dan pemain baru dalam bermain gim Hades. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok dalam hal competence, autonomy, dan relatedness. Semua nilai Mann-Whitney U test untuk ketiga aspek ini lebih besar dari 0,3, yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengalaman pemain baru dan berpengalaman seseorang. Hasil ini diperoleh karena proses pengembangan gim ini menggunakan fase early access selama hampir 2 tahun untuk mendapatkan feedback dari pemain dalam fase ini untuk memperbaiki pengalaman bermain pemain sebelum rilis.

English Abstract

Hades is a popular roguelike game. Hades offers a unique and challenging gaming experience, which is closely related to the player's locus of control and self-efficacy. This research aims to analyze the experience of Hades game players using the Ubisoft Perceived Experience Questionnaire (UPEQ), a user experience testing tool that focuses on three components: competence, autonomy, and relatedness. UPEQ was developed based on self-determination theory (SDT), which emphasizes three main psychological aspects in maintaining intrinsic motivation. It is hoped that this research will evaluate and compare the experiences of new and experienced players in the game Hades, as well as provide additional insight into the design of the game player experience. The main question in this research is to what extent are the differences in player experience in terms of competence, autonomy, and relatedness between experienced players and new players in playing the Hades game. The results of the analysis show that there are no significant differences between the two groups in terms of competence, autonomy and relatedness. All Mann-Whitney U test values for these three aspects are greater than 0.3, which indicates that there is no significant difference between a person's new and experienced player experience. This result was obtained because the game development process used an early access phase for almost 2 to acquire feedback from players in this phase in order to improve the player's gaming experience before release.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: player experience, ubisoft perceived experience questionnaire, video games, rougelike
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:12
Last Modified: 25 Jul 2024 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222992
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ataka Badrudduja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item