Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Mulyoagung Malang

Wahyu Wicaksana, Stevanus (2024) Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Mulyoagung Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN Mulyoagung 01 Malang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam Pengembangan Sarana Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Mulyoagung Malang. Situs penelitian berada di SDN 1 Mulyoagung Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sarana prasarana di SDN 1 Mulyoagung yaitu yang pertama kepala sekolah sebagai perencana, kepala sekolah sebagai pengorganisir, kepala sekolah sebagai penggerak, kepala sekolah sebagai pemeliharaan sarana prasarana. Terdapat juga factor pendukung seperti adanya kerja sama dari berbagai pihak dalam mengembangkan sarana prasarana. Terdapat juga factor penghambat seperti minimnya dana atau anggaran untuk sarana prasarana. Kesimpulan penelitian ini adalah Kepala sekolah sudah melakukan strategi yang baik dalam mengembangkan sarana prasarana walaupun masih ada hambatan dan tantangan dalam mengembangkan sarana prasarana di SDN 1 Mulyoagung. Saran untuk penelitian ini adalah Sekolah dapat mencari berbagai sumber pendanaan selain dana BOS, seperti hibah dari pemerintah daerah, sponsor dari perusahaan, atau bantuan dari organisasi non-profit. Menggalang dana dari alumni dan masyarakat sekitar juga bisa menjadi alternatif yang efektif.

English Abstract

The purpose of this study is to describe and analyze the Principal's Strategies in Developing Infrastructure to Improve Learning Quality at SDN Mulyoagung 01 Malang. This research employed a qualitative research method with a descriptive approach, aiming to describe phenomena and contexts in the Development of Infrastructure to Improve Learning Quality at SDN 1 Mulyoagung Malang. The research site was located at SDN 1 Mulyoagung Malang. Data collection was conducted through three methods: observation, interviews, and documentation. The findings of this study indicate that the Principal's strategies in developing infrastructure at SDN 1 Mulyoagung include planning, organizing, motivating, and maintaining infrastructure. Supporting factors include collaboration from various parties in infrastructure development, while hindering factors include insufficient funds or budget for infrastructure. In conclusion, the Principal has implemented effective strategies in developing infrastructure despite facing challenges at SDN 1 Mulyoagung. Recommendations for this study include seeking alternative funding sources beyond the BOS fund, such as grants from local governments, sponsorship from companies, or assistance from non-profit organizations. Raising funds from alumni and the local community can also be effective alternatives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:48
Last Modified: 05 Jul 2024 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222951
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
STEVANUS WAHYU WICAKSANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item