Perancangan dan Implementasi Digital Content Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Media Marketing Pada UMKM “Dapur Suroboyo” di Kota Surabaya

Cahyani, Aizam Syawalia and Auliya Az Zahra, S.AB.,M.M (2024) Perancangan dan Implementasi Digital Content Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Media Marketing Pada UMKM “Dapur Suroboyo” di Kota Surabaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM "Dapur Suroboyo" merupakan bidang usaha yang bergerak dalam produksi makanan, masih mengandalkan metode konvensional seperti Word of Mouth (WOM) dalam pemasarannya. Untuk meningkatkan jangkauan pasar, langkah diambil dengan memanfaatkan social media marketing, menggunakan perancangan dan implementasi digital content melalui media sosial Instagram sebagai media marketing pada UMKM “Dapur Suroboyo” di Kota Surabaya. Proses ini terdiri dari 4 tahap, dimulai dari observasi, perencanaan dengan 2 siklus hingga pembuatan akun, implementasi unggahan konten dengan captions, serta analisis hasil dan evaluasi konten yang diunggah. Tujuannya adalah menciptakan brand awareness di akun Instagram @dapur.suroboyo yang dilihat dari pertumbuhan followers, likes, komentar, dan direct message selama masa unggah 12 konten. Selain itu, wawancara dilakukan untuk mengevaluasi respon daya tarik audiens dan mengukur keberhasilan media marketing ini sebagai brand awareness. Hasilnya berhasil melebihi target, baik dari pertumbuhan followers maupun interaksi, serta terbentuknya brand awareness yang kuat. Untuk pertumbuhan berkelanjutan, diperlukan konsistensi dalam pengunggahan dan pengembangan desain konten dengan fitur-fitur Instagram untuk menciptakan konten yang lebih bervariasi dan menarik bagi audiens.

English Abstract

The MSME (Micro, Small Medium Enterprise) "Dapur Suroboyo" operates in the food production sector, relying on conventional methods like Word of Mouth (WOM) for marketing. To expand its market reach, the approach taken involves leveraging social media marketing, utilizing the design and implementation of digital content through Instagram as a marketing platform for MSME "Dapur Suroboyo" in Surabaya. This process involves four stages, starting with planning in two cycles, followed by account creation, implementation content uploads with captions, and analysis of uploaded content. The aim is to create brand awareness on the Instagram account @dapur.suroboyo, measured by the growth in followers, likes, comments, and direct messages during the upload of 12 pieces of content. Additionally, interviews are conducted to assess audience engagement and measure the success of this marketing strategy in building brand awareness. The results surpass targets, both in terms of follower growth and interactions, leading to the establishment of a strong brand awareness. For sustainable growth, consistency in uploads and the development of content design using Instagram features are necessary to create more diverse and appealing content for the audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170275
Uncontrolled Keywords: Konten Digital, Instagram, Media Sosial, Promosi-Digital Content, Instagram, Social Media, Promotion
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:47
Last Modified: 23 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222894
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aizam Syawalia Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item