Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digital (Studi Pada SMA N 1 Malang)

Mustofa, Nurul (2024) Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digital (Studi Pada SMA N 1 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi berkembang sangat pesat akan memperngaruhi aspek Pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dalam Pendidikan harus diikuti dengan kemajuan sumber daya manusia agar dapat selaras mengikuti perkembangan tersebut. Teori TPACK dan UTAUT dalam hal ini diperlukan untuk mengukur kesiapan guru dalam pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kesiapan guru dalam pembelajaran berbasis teknologi dan kendala yang mungkin terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Malang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Sedangkan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, Teknik, dan waktu serta penganalisisan menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui technological knowledge yang mana guru mempunyai kemampuan tentang teknologi dan terus meningkatkan kompetensinya. content knowledge yang mana guru pastinya sudah mempunyai kompetensi di bidang yang ditekuni. Kemudian pedagogical knowledge yang mana pendidik memiliki kemampuan untuk mengelola kelas, mempunyai strategi untuk menciptakan pembelajaran secara efektif dan efisien menggunakan teknologi. Performance expectancy Pendidik dalam hal ini sudah mempercayai bahwa teknologi dapat membantu dan memudahkan serta mempersingkat waktu dalam pekerjaan. Effort expectancy dalam kemudahan penggunaan teknologi dalam hal ini menurut pendidik sangat mudah digunakan yang kemudian kemudahan dalam penggunaan teknologi akan menimbulkan rasa nyaman dalam menggunakanya. Social influence atau lingkungan di SMAN 1 Malang sangat berpengaruh terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dalam hal ini sering terjadi Kerjasama antarguru untuk mengatasi kesulitan dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Facilitating condition yang sangat memadai untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi. Semua yang dibutuhkan oleh pendidik untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi telah tersedia di SMA N 1 Malang.

English Abstract

Information technology is developing very rapidly and will affect the education aspect. The development of information technology in education must be followed by the progress of human resources in order to be in tune with these developments. TPACK and UTAUT theories in this case are needed to measure teacher readiness in technology-based learning. This study aims to find out, describe, and analyze teacher readiness in technology-based learning and the obstacles that may occur. This research uses a qualitative approach with a descriptive type using data collection techniques through interviews, observation, and documentation. This research was conducted at SMA N 1 Malang. Data analysis techniques use data collection, data presentation, data reduction, and conclusions. While the data validity technique uses triangulation of sources, techniques, and time and analyzes using the Miles, Huberman, and Saldana method. The results showed that through The results showed that through technological knowledge where teachers have the ability about technology and continue to improve their competence. Content knowledge, teachers must already have competence in their fields. Then pedagogical knowledge where educators have the ability to manage classes, have strategies to create effective and efficient learning using technology. Performance expectancy Educators in this case already believe that technology can help and facilitate and shorten time in work. Effort expectancy in the ease of using technology in this case according to educators is very easy to use which then the ease of using technology will cause a sense of comfort in using it. Social influence or the environment at SMAN 1 Malang is very influential on the use of technology in learning. In this case there is often cooperation between teachers to overcome difficulties in the use of learning technology. Facilitating conditions are very adequate for the implementation of technology-based learning. Everything needed by educators for the implementation of technology-based learning is available at SMAN 1 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:05
Last Modified: 05 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222893
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NURUL MUSTOFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item