Analisis Kelembagaan Dalam Program Peningkatan Ketahanan Pangan Di Kabupaten Blitar.

NAUFAL, MUHAMMAD (2024) Analisis Kelembagaan Dalam Program Peningkatan Ketahanan Pangan Di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketahanan pangan menjadi isu yang sering di bahas. Ketahanan Pangan di Kabupaten Blitar menjadi kewenangan dan tanggung jawab DKPP Kabupaten Blitar. Namun, Dalam urusan ketahanan pangan masih kurangnya pengawasan yang dilakukan lembaga terhadap kondisi pangan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peranan DKPP Kabupaten Blitar sebagai lembaga pelaksana dalam program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Blitar dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sedangkan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Rational Choice Institutionalism Hall dan Taylor. Hasil penelitian ini dari analisis kelembagaan dalam pelaksanaan program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Blitar dilaksanakan dengan sinergitas dari aktor-aktor yang terlibat dan relevan dengan tujuan dan kepentingan yang sama untuk peningkatan ketahanan pangan. Aktoraktor yang relevan terlibat dalam setiap tahapan yang ada dengan melakukan peranannya yang berbeda-beda dalam setiap tahapannya agar lebih spesifik dalam setiap proses tahapannya. Setiap aktor melakukan tindakannya masing-masing sesuai dengan rasionalitas dan bidangnya untuk mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatnya ketahanan pangan. Peran interaksi strategis disini belum baik karena terkadang masih belum terstruktur dari yang dilakukan oleh DKPP Kabupaten Blitar dan Kecamatan dengan Desa. Desa terkadang tidak mendapatkan informasi secara detail terkait dengan program ini. namun aktor yang relevan sudah saling bersinergi. Dan instumen atau aturan lembaga sudah dijalankan oleh seluruh aktor yang relavan sebagai acuan dalam melaksanakan program peningkatan ketahanan pangan. Hal ini membuktikan bahwa seluruh aktor yang relevan selalu berusaha, berupaya, dan memaksimalkan fungsi dan perannya dalam menjalankan program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Blitar.

English Abstract

Food security is an issue that is often discussed. Food security in Blitar Regency is the authority and responsibility of the Blitar Regency DKPP. However, in matters of food security there is still a lack of supervision by institutions regarding food conditions. This research aims to explore the role of the Blitar Regency DKPP as the implementing agency in the program to increase food security in Blitar Regency using qualitative methods with a descriptive approach. Meanwhile, the theory used in this research is Hall and Taylor's Rational Choice Institutionalism theory. The results of this research are from institutional analysis in the implementation of the program to increase food security in Blitar Regency carried out with synergy from the actors involved and relevant to the same goals and interests to increase food security. Relevant actors are involved in each stage by carrying out different roles in each stage to be more specific in each stage of the process. Each actor carries out their own actions according to their rationality and field to achieve the same goal, namely increasing food security. The role of strategic interaction here is not yet good because sometimes it is still not as structured as that carried out by the DKPP of Blitar Regency and Subdistrict with the Village. Villages sometimes do not receive detailed information regarding this program. However, the relevant actors have synergized with each other. And institutional instruments or regulations have been implemented by all relevant actors as a reference in implementing programs to increase food security. This proves that all relevant actors always strive, strive and maximize their functions and roles in carrying out programs to increase food security in Blitar Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:47
Last Modified: 28 Jun 2024 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222250
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Naufal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item