Penerepan Standar Pelayanan Sertifikasi Halal Bagi UMKM di Kabupaten Kediri (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Kediri).

Yusuf, Muhammad and Dr.Drs.Siswidyanto, MS., (2024) Penerepan Standar Pelayanan Sertifikasi Halal Bagi UMKM di Kabupaten Kediri (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan ekonomi di Kabupaten Kediri dinilai dipengaruhi pelayanan yang diberikan oleh para ASN dinas perindustrian dan perdagangan.Kabupaten Kediri merupakan kabupaten dengan jumlah mayoritas pendudukanya beragama Islam,sertifikasi halal sangat diperlukan demi memenuhi perlindungan pada konsumen muslim. Namun ternyata usaha penerapan tersebut masih belum bisa dikatakan maksimal karena masih banyak ditemui pada hasil produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) makanan dan minuman yang tidak memiliki logo keamanan pangan, disebagian yang lain hanya menyertakan PIRT dan tidak menyertakan lebel halal, banyaknnya pelaku usaha yang mengadu akan sulitnya pengurusan berkas sertifikasi halal, serta masih banyaknya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang kurang faham akan fungsi sertifikasi halal itu sendiri, bahkan para masyarakat Kabupaten Kediri sendiri masih banyak yang kurang peduli akan pentingnya mengkonsumsi pada jenis makanan dan minuman yang bersertifikat halal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang di peroleh dari dokumen terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis penerapan pelayanan sertifikasi halal di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri.Proses penerapan Standar Pelayanan ini dilakukan dengan internalisasi dan sosialisasi kepada pihak-pihak terkaithasil penelitian tersebut menegaskan bahwa penerapan standar pelayanan sertifikasi halal bagi UMKM telah memberikan dampak positif dalam memenuhi harapan pelanggan. Kontrol yang ketat dalam proses produksi dan penyajian produk serta kepercayaan yang tinggi pada standar halal adalah faktor-faktor kunci yang mendukung keberhasilan penerapan standar tersebut. Dinas juga memberikan tanggapan mengenai efektifitas penerapan standar pelayanan sertifikasi halal bagi UMKM dalam memberikan kualitas pelayanan yang tepat dan benar:Berdasarkan hasil penyajian data, analisis dan implementasi diatas memberikan gambaran positif mengenai penerapan standar pelayanan sertifikasi halal bagi UMKM di Kabupaten Kediri. Standar ini dinilai telah memberikan kerangka kerja yang jelas dan terukur dalam menjaga kualitas pelayanan sesuai dengan prinsip halal. Harapan terhadap kualitas pelayanan juga terpenuhi, terutama melalui kontrol ketat dalam proses produksi dan penyajian produk. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kediri dinilai responsif dalam penerapan standar ini, memberikan bimbingan dan panduan yang dibutuhkan oleh UMKM

English Abstract

The economic improvement in Kediri Regency is considered to be influenced by the services provided by ASNs from the industry and trade services. Kediri Regency is a district with a majority Muslim population, so halal certification is very necessary to fulfill the protection of Muslim consumers. However, it turns out that these implementation efforts still cannot be said to be optimal because there are still many micro, small and medium enterprises (UMKM) food and beverage products that do not have a food safety logo, while others only include PIRT and do not include the halal label, there are many perpetrators. businesses are complaining about the difficulty of processing halal certification files, and there are still many micro, small and medium enterprises (UMKM) who don't understand the function of halal certification itself, even the people of Kediri Regency themselves are still many who don't care about the importance of consuming this type of food. and drinks that are halal certified. This research uses descriptive research with a qualitative approach. This research was located in Kediri district. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data sources obtained from interviews and secondary data obtained from related documents. This research aims to examine and analyze the implementation of halal certification services among Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) in Kediri Regency. The process of implementing this Service Standard is carried out by internalization and outreach to related parties. The results of this research confirm that the implementation of certification service standards halal for UMKM has had a positive impact in meeting customer expectations. Strict control in the production process and product presentation as well as high confidence in halal standards are key factors that support the successful implementation of these standards. The Department also provided feedback regarding the effectiveness of implementing halal certification service standards for UMKM in providing appropriate and correct service quality: Based on the results of the data presentation, analysis and implementation above, it provides a positive picture regarding the implementation of halal certification service standards for UMKM in Kediri Regency. This standard is considered to have provided a clear and measurable framework for maintaining service quality in accordance with halal principles. Expectations regarding service quality are also met, especially through strict control in the production process and product presentation. The Kediri Regency Industry and Trade Service is considered responsive in implementing this standard, providing guidance and guidance needed by UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030300
Uncontrolled Keywords: Penerapan Standar Pelayan Sertifikasi Halal-Penerapan Standar Pelayan Sertifikasi Hala
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:02
Last Modified: 28 Jun 2024 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222151
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD YUSUF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item