Analisis Rencana Bisnis Dalam Pendirian Pangkalan Gas LPG (Studi Kasus Pada Toko Raharja)

Putri Ayu Cahyani, Regita (2024) Analisis Rencana Bisnis Dalam Pendirian Pangkalan Gas LPG (Studi Kasus Pada Toko Raharja). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan industri energi di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat seiring dengan meningkatnya konsumsi gas LPG dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Fenomena ini menjadi motivasi bagi Toko Raharja untuk mendirikan Pangkalan Gas LPG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan perencanaan bisnis dalam mendirikan Pangkalan Gas LPG pada usaha retail Toko Raharja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk memperdalam pemahaman terhadap fenomena atau permasalahan yang ada pada obyek yang diteliti. Data pada penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode studi lapangan dan studi pustaka. Untuk mengetahui sejauh mana prospek usaha dalam mendirikan Pangkalan Gas LPG, dilakukan analisis terhadap kondisi internal dan eksternal dari Toko Raharja. Kemudian, dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan strategi dalam perencanaan bisnis, yang digunakan untuk menyusun rencana pemasaran, rencana operasional, rencana organisasi dan manajemen, serta rencana keuangan pada pendirian usaha Pangkalan Gas LPG di Toko Raharja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan usaha Pangkalan Gas LPG layak dijalankan berdasarkan nilai dari tiga kriteria kelayakan investasi dan menyarakan pemilik usaha Toko Raharja untuk segera merealisasikan pendirian usaha Pangkalan Gas LPG.

English Abstract

The growth of energy industry in Indonesia is rapidly increasing along with the escalating consumption of LPG gas for fulfilling the people’s needs. This phenomenon was used by Toko Raharja, a retail shop, as a motivation to establish an LPG gas depot. The objective of this research is to formulate a business plan for the said establishment by the shop. This qualitative descriptive study also elaborates understandings about the phenomenon or problems identified in the examined object. The data of this study was gathered from field studies and library research. In order to measure the business prospect of establishing the gas depot, the internal and external conditions of Toko Raharja were analyzed. Then, SWOT analysis was performed to formulate the appropriate business plan, from which marketing plan, operational plan, organizational and managerial plan, and financial plan were derived. Based on the resulting three criteria of investment feasibility, this study finds that the plan of making LPG gas depot is feasible and recommends the shop owner to start the establishment immediately.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052402
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:24
Last Modified: 27 Jun 2024 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222118
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
REGITA PUTRI AYU CAHYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item