Kewirausahaan Politik Kepala Daerah (Studi Kasus Program Gempa Genting Kota Mojokerto)

Putri, Fina Rahmalia (2024) Kewirausahaan Politik Kepala Daerah (Studi Kasus Program Gempa Genting Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kewirausahaan politik kepala daerah (studi kasus program Gempa Genting kota Mojokerto). Program Gempa Genting merupakan sebuah program di kota Mojokerto yang mencakup tiga bidang, yaitu Kesehatan, ketahanan pangan dan lingkungan. Program ini berhasil mengantarkan kota Mojokerto sebagai juara pertama kota terinovatif dalam Innovative Government Award 2022. Keberhasilan dan keberlanjutan program ini memiliki dukungan yang besar dari Walikota perempuan pertama di kota Mojokerto periode 2018-2023, yaitu Ita Puspitasari yang kerap disapa Ning Ita. Penelitian ini menggunakan teori Matthew McCaffrey dan Joseph T. Salerno mengenai kewirausahaan politik dan juga Good Governance menurut Sedarmayanti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan penelusuran dokumen. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa walaupun Walikota Mojokerto bukan merupakan inisiator utama dari program Gempa Genting, namun Walikota Mojokerto dinilai tanggap dan mampu menyadari permasalahan yang ada di lingkungan kotanya sehingga sebagai pemilik jabatan tertinggi di Kota Mojokerto, Walikota Mojokerto memberikan arahan kepada seluruh kecamatan di Kota Mojokerto untuk mereplikasikan program Gempa Genting, sebagai salah satu langkah untuk menurunkan angka stunting dan juga mengatasi permasalahan sampah di Kota Mojokerto. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan program selama berjalannya program tersebut adalah terkait permodalan, di mana hambatan ini dengan baik mampu diatasi oleh Walikota Mojokerto bersama dengan dinasdinas terkait di Kota Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat praktik kewirausahaan politik cabang Alertness dan Discovery yang dilakukan oleh Walikota Mojokerto melalui program Gempa Genting. Selain itu, Kota Mojokerto juga dinilai telah menerapkan 4 prinsip utama Good Governance dalam pelaksanaan pemerintahannya berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber dan data yang didapatkan oleh peneliti. Terlepas dari berbagai manfaat dan kelebihan program Gempa Genting, masyarakat masih memiliki beberapa saran dan masukan terkait pelaksanaan program Gempa Genting, di mana saran dan masukan tersebut datang dari warga penerima program dan juga beberapa akademisi.

English Abstract

This study discusses political entrepreneurship of regional leaders focusing on the Gempa Genting program in Mojokerto City. The Gempa Genting program is an initiative in Mojokerto City covering three areas: Health, Food Security, and Environment. This program successfully positioned Mojokerto City as the most innovative city, winning the Innovative Government Award 2022. The success and sustainability of this program have strong support from the first female Mayor of Mojokerto City from 2018-2023, Ita Puspitasari, commonly known as Ning Ita. This research implies Matthew McCaffrey and Joseph T. Salerno's theories on political entrepreneurship, as well as the Good Governance principles according to Sedarmayanti. The research methodology used is qualitative method with data collection techniques through in-depth interviews and document analysis. Findings from this study indicate that although the Mayor of Mojokerto was not the primary initiator of the Gempa Genting program, she was responsive and aware of the issues in her city. So that as the holder of the highest position in the City of Mojokerto, the Mayor directed all districts in Mojokerto to replicate the Gempa Genting program, aiming to reduce stunting rates and address waste management issues. Challenges encountered during the program's implementation were related to funding, which the Mayor of Mojokerto, along with relevant city departments, managed to overcome. The results of this study indicate that there is a practice of political entrepreneurship: Alertness and Discovery Branch conducted by the mayor of Mojokerto through the Gempa Genting program. Furthermore, Mojokerto City is assessed to have implemented the four main principles of Good Governance by Sedarmayanti in its governance, based on interviews with informants and data collected by the researchers. Despite the various benefits and advantages of the Gempa Genting program, the community still has suggestions and feedback regarding its implementation, coming from program beneficiaries and some academics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:31
Last Modified: 25 Jun 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fina Rahmalia Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item