Pengaruh Diameter Perforated Fin terhadap Distribusi Temperatur dan Perpindahan Kalor pada Sistem Pendinginan Motor Bakar

Adira, Rayhan and Prof. Dr. Eng. Eko Siswanto, ST., MT. and Dr. Eng. Ir. Lilis Yuliati, ST., MT. (2024) Pengaruh Diameter Perforated Fin terhadap Distribusi Temperatur dan Perpindahan Kalor pada Sistem Pendinginan Motor Bakar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mesin pembakaran dalam akan menghasilkan panas selama pengoperasiannya. Panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin akan memicu terjadinya kegagalan sistem. Pembuangan panas berlebih pada sistem secara terus – menerus sangat diperlukan demi menjaga kinerja mesin serta mencegah terjadinya panas berlebih. Fin sebagai penambah perpindahan panas bekerja dengan meningkatkan luas permukaan benda dan diaplikasikan sebagai media pendinginan. Perforasi pada fin diharapkan dapat meingkatkan laju perpindahan panas karena dapat meningkatkan koefisien perpindahan panas konveksi. Penelitian ini dilakukan dengan simulasi menggunakan perangkat lunak Ansys fluent yang meneliti pengaruh besar diameter fin terhadap distribusi temperatur serta performansi perpindahan kalor dengan kondisi batas yakni temperatur udara 297 K, aliran udara yang mengalir berkecepatan 5 m/s, serta temperatur pada liner 373 K. Variasi yang digunakan pada penelitian ini yakni fin tanpa perforasi, fin dengan perforasi 2 mm, fin dengan perforasi 3 mm, fin dengan perforasi 4 mm, serta fin dengan perforasi 5 mm. Berdasarkan penelitian ini, adanya perforasi dapat meningkatkan performansi perpindahan kalor, efisiensi fin tertinggi dicapai oleh variasi fin dengan perforasi 2 mm. Sedangkan efektivitas fin dan perpindahan kalor tertinggi pada fin dicapai pada variasi fin dengan perforasi 4 mm.

English Abstract

The internal combustion engine will generate heat during operation. Excessive heat generated by the engine will trigger system failure. Continuous removal of excess heat from the system is very necessary to maintain engine performance and prevent overheating. Fin as a heat transfer enhancer works by increasing the surface area of an object and is applied as a cooling medium. Perforations in the fins are expected to increase the heat transfer rate because they can increase the convection heat transfer coefficient. This research was carried out by simulation using Ansys fluent software which examined the influence of the fin diameter on temperature distribution and heat movement performance with boundary conditions, namely an air temperature of 297 Kelvin, a flowing air flow speed of 5 m/s, and a temperature in the liner of 373 Kelvin. The variations used in this research were fins without perforations, fins with 2 mm perforations, fins with 3 mm perforations, fins with 4 mm perforations, and fins with 5 mm perforations. Based on this research, the presence of perforations can improve heat transfer performance, the highest efficiency is achieved by variations of fins with 2 mm perforations. Meanwhile, the highest fin effectiveness and heat transfer in the fins were achieved in the fin variation with 4 mm perforations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070164
Uncontrolled Keywords: Motor bakar, Perforasi fin, Perpindahan kalor, Sistem pendinginan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:04
Last Modified: 24 Jun 2024 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221765
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAYHAN ADIRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item