Perancangan Hunian Vertikal Berkonsep Biofilik di Permukiman Kampung Kota DKI Jakarta

Shiddiq, Muhammad Rafi’ and Ir. Agung Murti Nugroho, ST., MT., Ph.D., IPM. (2024) Perancangan Hunian Vertikal Berkonsep Biofilik di Permukiman Kampung Kota DKI Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan penduduk adalah hal yang sering terjadi pada kota besar dengan perkembangan ekonomi yang besar, seperti yang terjadi di DKI Jakarta. Menurut BPS DKI Jakarta, jumlah penduduk di Ibukota berada pada angka 10,6 juta jiwa pada tahun 2021. Jumlah tersebut merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya berada pada angka 10,56 juta jiwa. Pertumbuhan yang cepat dapat menyebabkan kepadatan yang kemudian dapat merujuk kepada penurunan kualitas hidup masyarakat dan segregasi sosial (Parfit, 2004). Kepadatan penduduk yang dapat menyebabkan kurangnya lahan hunian yang kemudian digabung dengan Penurunan kualitas hidup masyarakat, segregasi sosial dan hiruk pikuk suasana kota besar akan memperburuk kenyamanan dan kesehatan dari masyarakat yang tinggal di kota tersebut, terutama kaum marjinal yang berada di daerah kampung-kampung kota. Permasalahan yang dikemukakan diatas dapat dipecahkan dengan perancanganan dan pembangunan hunian vertikal sebagai salah satu solusi untuk memecahkan keterbatasan lahan serta kepadatan penduduk. Hunian vertikal ini nantinya akan dirancang sesuai dengan kaidah konsep bioarsitektur biofilik yang dapat menyediakan keadaan lingkungan yang ramah serta sehat dengan penggunaan elemen alami sehingga membuat manusia yang berada dalam ruangan tersebut rileks dan terhindar dari stress (Kaplan dan Kaplan, 1989). Desain dari bangunan hunian vertikal ini didasari oleh pendekatan paradigma pragmatisme dengan tematik biofilik. Metode pragmatisme ini menggunakan cara predictive modelling sebagai tahapan eksperimentasi desain yang mempertimbangkan banyak aspek, baik dari aspek iklim, material, faktor fisik, serta manusia (Broadbent, 1988 dalam Mahmoodi, Amir S.M, 2001). Tahapan eksperimentasi ini tentunya didasari oleh pola-pola desain tematik bioarsitektur biofilik.

English Abstract

Population growth is something that occurs frequently in big cities with large economic development, such as in DKI Jakarta. According to BPS DKI Jakarta, the population in the capital city was 10.6 million in 2021. This number is an increase from the previous year which was only 10.56 million people. Rapid growth can cause overcrowding which can then lead to deterioration in people's quality of life and social segregation (Parfit, 2004). Overcrowding, which can lead to a lack of residential land, combined with a decline in the quality of life of the community, social segregation and the hustle and bustle of the big city atmosphere will affect and worsen the comfort and health of the people living in the city, especially the marginalized people in the urban villages. The problems mentioned above can be solved by creating a vertical residence as one of the solutions to solve land limitations and population density. This vertical residence will be designed in the concept of biophilic bioarchitecture which can provide a friendly and healthy environment with the use of natural elements to make humans in the room relax and avoid stress (Kaplan and Kaplan, 1989). The design of this vertical residential building is based on a pragmatism paradigm approach with a biophilic thematic. This pragmatism method uses predictive modeling as a stage of design experimentation that considers many aspects, from the aspects of climate, materials, physical factors, and humans (Broadbent, 1988 in Mahmoodi, Amir S.M, 2001). This experimentation stage is naturally based on biophilic bioarchitecture thematic design patterns.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070153
Uncontrolled Keywords: Hunian Vertikal, Biofilik, Pragmatisme
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:26
Last Modified: 24 Jun 2024 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221729
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M Rafi' Shiddiq.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270MB)

Actions (login required)

View Item View Item