Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan (Studi terhadap Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022)

Daniar Rizqi, Dimas (2023) Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan (Studi terhadap Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan, dengan menggunakan proksi komisaris independen, komite audit, dan dewan direksi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Adapun sampel penelitian merupakan 70 sampel yang terdiri dari 14 perusahaan dengan 5 tahun periode yaitu 2018-2022 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Teori sinyal dan teori agensi digunakan sebagai dasar teori untuk mendasari pengaruh antara good corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa dewan direksi berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap reputasi perusahaan. Namun, penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa komisaris independen dan komite audit berpengaruh terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi terhadap perusahaan bahwa peran mekanisme good corporate governance yang baik dan pengungkapan corporate social responsibility dapat membuat reputasi perusahaan menjadi lebih baik.

English Abstract

This research seeks to determine the influence of good corporate governance and corporate social responsibility disclosure on company reputation, using proxies for independent commissioners, audit committees and the board of directors. This research uses quantitative analysis. The research sample is 70 samples consisting of 14 companies with a 5 year period, namely 2018-2022 which was determined using the purposive sampling method. Signal theory and agency theory are used as the theoretical basis to underlie the influence of good corporate governance and disclosure of corporate social responsibility on company reputation. This research finds that the board of directors has a positive effect on the company's reputation and corporate social responsibility disclosure has a negative effect on the company's reputation. However, this research failed to prove that independent commissioners and audit committees have an influence on a company's reputation. This research is expected to provide information to companies that the role of good corporate governance mechanisms and disclosure of corporate social responsibility can make the company's reputation better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:23
Last Modified: 21 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DIMAS DANIAR RIZQI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item