Penggunaan Prinsip Syariah dalam Berbisnis pada Pengusaha

Laksono, Dizza Ludfi and Ghifary Duyufur Rohman, M.Sc. and Aminnullah Achmad Muttaqin, M.Sc. Fin. (2024) Penggunaan Prinsip Syariah dalam Berbisnis pada Pengusaha. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Praktik bisnis syariah pada penelitian ini ini didasarkan pada pengamatan peneliti dan dimulai dari hal-hal yang terlihat jelas. Peneliti tertarik untuk memahami motivasi yang mendasari perubahan perilaku, proses operasional usaha, dan pendapat pemilik usaha yang menerapkan prinsip syariah. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di Kabupaten Sidoarjo ini adalah untuk mengetahui penyebab mendasar pengusaha menjalankan usaha sesuai prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan startegi fenomenologi dalam metodologinya. Peneliti menemukan 11 informan dengan menggunakan strategi wawancara mendalam dengan pertanyaan terbuka dan bersifat semi-structured dalam pengumpulan datanya. Temuan penelitian ini adalah para pebisnis yang berusaha mengikuti akhlak Nabi dan berpegang pada prinsip-prinsip syariah, seperti contoh: tidak boleh melayani konsumen saat salat, bagi pengusaha yang bergerak di bidang produk tidak boleh mengurangi skala transaksi, menepati janji perundingan, dan bagi pengusaha di bidang penjualan jasa harus memberikan yang terbaik. bimbingan tanpa merendahkan orang lain. Hasil lainnya menyatakan bahwa setelah menerapkan prinsip syariah, karyawan mampu bekerja dengan ikhlas dan nasabah hampir tidak pernah merasa kecewa.

English Abstract

Business activities with sharia principles in this journal are seen from researcher observations and start from things that are clearly visible. Researchers want to know the motives behind changes in behavior, business operating procedures, and feedback on entrepreneurs who apply sharia principles to their business. The research was conducted in Sidoarjo Regency and aimed to find out the underlying reasons for entrepreneurs conducting business using sharia principles. The methodology used in this research is qualitative with a phenomenological approach. Data collection technique strategy was dept-interview with semi-structured methods, researchers managed to find 11 informants. The results of this research are entrepreneurs who intend to apply sharia principles which are not far from the explanations of the Qur'an and hadith and imitate the behavior of the prophet Muhammad صلى الله عليه وسلم in doing business with the aim of complying with Islamic rules and prohibitions. For instance, not allowed to serve costumer during salah occurred, for entrepreneurs engaged in product, must not reduce scale in transaction, keep a promised negotiation, and for entrepreneur in services sales, that have to nurture as best as they can without belittling others. Other results stated that after implementing sharia principles, employees were able to work sincerely and customers almost never felt disappointed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020096
Uncontrolled Keywords: pengusaha, prinsip syariah, UMKM-entrepreneur, sharia compliance, SMEs
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:48
Last Modified: 10 Jul 2024 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221184
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dizza Ludfi Laksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item