Analisis Prosedur Klaim Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia KC Magetan Kepada Pihak Penjamin Kredit PT. Jamkrindo

Dewi, Shabrina Indra and Fitriana Rakhma Dhanias, SE., MSA., Ak (2024) Analisis Prosedur Klaim Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia KC Magetan Kepada Pihak Penjamin Kredit PT. Jamkrindo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur klaim Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Magetan kepada PT. Jamkrindo dan berbagai macam kendala yang dialami saat melakukan proses pengajuan klaim. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir adalah dengan metode kualitatif deskriptrif dengan pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan penulis dan proses wawancara yang dilakukan dengan Costumer Service PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. KC Magetan. Dan dipaparkan dalam bentuk paragraf deskripsi. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat 6 (enam) langkah prosedur yang harus dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. KC Magetan. Dengan melengkapi 9 (sembilan) berkas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Ditemukan beberapa kendala dalam proses pengajuan klaim yaitu, regulasi penyimpanan berkas terlalu sering berubah tidak sesuai kebutuhan dan input berkas tidak melalui aplikasi BRI Jamin sehingga diragukan keamanan data nasabah. Berdasarkan kendala tersebut sebaiknya perusahaan segera menggunakan aplikasi BRI Jamin guna keamanan data nasabah serta menetapkan regulasi yang jelas dan tetap agar berkas nasabah tidak sering berpindah-pindah.

English Abstract

This study aims to determine the claim procedure for Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Magetan Branch Office to PT. Jamkrindo and various kinds of obstacles experienced when carrying out the claim submission process. The method used in writing the final project is a descriptive qualitative method with data collection through observation made by the author and the interview process conducted with Customer Service PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Magetan Branch Office And presented in the form of description paragraphs. The results of this study are known to have 6 (six) procedural steps that must be carried out by PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Magetan Branch Office By completing 9 (nine) files in accordance with the stipulated provisions. Several obstacles were found in the process of submitting claims, namely, file storage regulations changed too often not as needed and file input was not through the BRI Jamin application so that customer data security was doubted. Based on these obstacles, companies should immediately use the BRI Jamin application for customer data security and set clear and fixed regulations so that customer files do not move frequently.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170069
Uncontrolled Keywords: Analisis, Prosedur, Klaim, Kredit Usaha Rakyat (KUR)-Analysis, Procedure, Claims, People’s Business Credit (KUR)
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:28
Last Modified: 24 Jun 2024 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221141
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shabrina Indra Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item