Hubungan Durasi Bermain Anak di Luar Rumah Terhadap Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal

Dewanti, Aulia Ilma and Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si.Med, Sp.A(K), (2024) Hubungan Durasi Bermain Anak di Luar Rumah Terhadap Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bermain merupakan sebuah kegiatan yang dalam prosesnya dapat beriringan dengan tumbuh kembang anak, dan dampaknya lebih dirasakan oleh anak prasekolah. Bermain adalah sebuah hak dasar yang dimiliki oleh anak usia dini, selain sebagai hak dasar bermain juga merupakan sebuah kebutuhan yang dapat memacu adanya percepatan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Bermain di luar ruangan bersama dengan teman sebaya dapat memberikan respon yang baik dan juga menyenangkan bagi anak serta menyediakan sebuah kesempatan kepada anak untuk meningkatkan keterampilan integrasi, dan sensorik yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi bermain di luar rumah terhadap perkembangan anak meliputi motorik kasar, motorik halus, personal sosial dan bahasa anak usia 4-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Studi ini menggunakan sebuah pendekatan cross sectional study. Seluruh populasi anak prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang berjumlah 50 siswa dijadikan sampel melalui metode total sampling. Para orang tua dan siswa diikutsertakan dalam studi ini. Didapatkan sebuah hasil yakni terdapat adanya hubungan durasi bermain anak terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-6 tahun dengan hasil p-value 0,001 dan tidak didapatkannya hubungan durasi bermain anak terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-6 tahun dengan nilai p value 0,093 , perkembangan personal sosial anak usia 4-6 tahun dengan nilai p value 0,105 , dan perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun dengan nilai p value 0,105.

English Abstract

Play is an activity that in the process can go hand in hand with growing, and the effects are felt more by preschoolers. Play is a basic right extended to young children, but it is also a need that can spur an accelerated growth and development of young children. Playing outdoors with a peer can respond both well and kindly to the child and provide an opportunity for the child to improve his integration skills, and sensory skills. The purpose of this study is to know the outdoor duration of play in the development of children include grossed, refined motor, social personal and language in 4-6 year old children's on kindergarten. This study uses a sectional study approach. The entire population of preschoolers in the Aisyiyah Bustanul Athfal preschool 50 students was sampled through a total method of sampling. The result that shows the presence of a child's playing duration of a 4-6 child's gross motor development with p-value 0.001 and a failure of the child's playing duration to the development of fine motor development in 4- 6 year old with p-value 0.093, social personal development in 4-6 year old with pvalue 0,105, and language development in 4-6 year old with p-value 0.105.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060019
Uncontrolled Keywords: Durasi Bermain, Perkembangan Motorik Kasar, Perkembangan Motorik Halus, Perkembangan Personal Sosial, Perkembangan Bahasa
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:13
Last Modified: 08 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/221122
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Ilma Dewanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item