Alif Hayyumil Bisri, Ahmad (2023) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate social responsibility atau CSR, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2020. Penelitian ini menggunakan data dari 27 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan archival method yang dilakukan dengan mengumpulkan laporan keuangan dan laporan pengungkapan CSR dari setiap perusahaan sampel. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Penelitian ini mendukung signalling theory. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yang terdiri dari corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yakni nilai perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan perusahaan untuk perusahaan agar lebih memperhatikan aspek corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas yang memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan maupun keputusan investor dalam menentukan investasi.
English Abstract
This study aims to examine the effect of Corporate social responsibility or CSR, company size, and profitability on the value of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2020. This study used data from 27 mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2020 period which was determined using the purposive sampling method that can be aplplied by data collection techniques using the archival method which was carried out by collecting financial reports and CSR disclosure reports from each sample company. Furthermore, the data analysis techniques used are descriptive statistical analysis, classical assumption testing, and multiple linear regression. This research supports signaling theory. Furthermore, this study shows that the independent variables in this study consisting of corporate social responsibility, company size, and profitability have a positive and significant effect to the dependent variable, namely the value of the company. Thus, with this research, researcher want to give recommendations for companies to pay more attention to aspects of corporate social responsibility, company size, and profitability that have an influence on the value of the company as well as the decision of investors in determining investments.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052302 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:43 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220949 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Alif Hayyumil Bisri.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |