Travel Vlog dalam Menciptakan dan Mempromosikan Destination Image (Penelitian pada Sektor Pariwisata di Provinsi Jawa Timur);

Pamuji, Dian Dhany and Dr. Drs. Edy Yulianto, MP., and Andriani Kusumawati, S.Sos., M.Si., DBA. (2021) Travel Vlog dalam Menciptakan dan Mempromosikan Destination Image (Penelitian pada Sektor Pariwisata di Provinsi Jawa Timur);. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai salah satu dari Golden Line, pengembangan wisata di Jawa Timur memiliki kondisi di mana setiap Kabupaten/Kota mengembangkan destinasi wisata yang disesuaikan dengan potensinya. Tetapi, tidak semua pengembangan wisata tersebut berhasil. Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 membuat sektor pariwisata di Indonesia, tak terkecuali provinsi Jawa Timur, sangat terpukul. Pemerintah perlu menyiapkan strategi yang tepat untuk memulihkan kondisi sektor pariwisata ketika pandemi berakhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; Apa saja atribut yang dominan terkait destination image di provinsi Jawa Timur berdasarkan pada Vlog yang dibagikan di Youtube?; Apa saja destinasi yang dominan dibicarakan berdasarkan pada Vlog yang dibagikan di Youtube?; Bagaimana perceived online destination image dari provinsi Jawa Timur berdasarkan pada Vlog yang dibagikan di Youtube?; Bagaimana online destination image yang sesuai untuk mewakili potensi wisata di Jawa Timur?. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pengembangan pariwisata di provinsi Jawa Timur dengan langkah awal yakni menciptakan destination image bagi provinsi Jawa Timur dengan memanfaatkan vlog yang sedang populer dan banyak tersebar di situs Youtube. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan atribut dari destination image yang ditemukan dalam vlog yakni various activities, landscape & surroundings, nature, sport facilities, transportation, accomodation, price, value & cost, relaxation & massific, accessibility, safety, social intercation, resident‟s receptiveness, originality dan service quality. Destinasi wisata yang ada di Provinsi Jawa Timur dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yakni seaside tourism, island tourism, rural tourism dan urban tourism. Online destination image yang sesuai untuk Provinsi Jawa Timur yakni, tersedianya beragam aktivitas; pemandangan alam di destinasi wisata yang indah dan udara pegunungan yang dingin; destinasi alam yang beragam; fasilitas berselancar ramah untuk pemula; pilihan transportasi yang beragam; akomodasi dekat destinasi dengan harga dan kualitas yang sesuai; harga tiket masuk ke destinasi wisata yang murah; destinasi wisata yang cocok untuk wisatawan yang senang berpetualang; destinasi pegunungan menjadi favorit karena ramai pengunjung; destinasi mudah ditempuh; factor keamanan selalu diperhatikan; masyarakat lokal yang senang berinteraksi, ramah dan murah senyum; keaslian alam; dan kualitas pelayanan yang memuaskan.

English Abstract

Background of this research is as one of the Golden Line, tourism development in East Java has a condition in which each Regency/City develops tourist destinations that are suited to its potential. However, not all tourism development is successful. The condition of the Covid-19 pandemic that has occurred since the beginning of 2020 has made the tourism sector in Indonesia, including East Java province, hit very hard. The government needs to prepare the right strategy to restore the condition of the tourism sector when the pandemic ends. Research question in this study are; What are the dominant attributes related to destination image in East Java province based on Vlogs shared on Youtube?; What are the dominant destinations discussed based on the Vlogs shared on Youtube?; How is the perceived online destination image of the province of East Java based on the Vlog shared on Youtube?; What is the appropriate online destination image to represent tourism potential in East Java?. This study aims to provide solutions for tourism development in the province of East Java with the initial step of creating a destination image for the province of East Java by utilizing vlogs that are popular and widely spread on Youtube. The research method used is a qualitative method with a narrative approach. Data collection techniques used are documentation, in-depth interviews, literature study and data triangulation. The results of this research show that the attributes of the destination image found in the vlog are various activities, landscape & surroundings, nature, sport facilities, transportation, accommodation, price, value & cost, relaxation & massific, accessibility, safety, social interaction, resident's receptiveness, originality and service quality. Tourist destinations in East Java Province are grouped into several categories, namely seaside tourism, island tourism, rural tourism and urban tourism. Online destination image that is suitable for East Java Province, namely, the availability of various activities; beautiful natural scenery in tourist destinations and cold air in mountains; diverse natural destinations; beginner friendly surfing facilities; diverse transportation options; accommodation near the destination at the right price and quality; the price of admission to tourist destinations is cheap; tourist destinations that are suitable for travelers who like adventure; mountain destinations are favorites because of the many visitors; easy-to-reach destinations; safety factor is always considered; local people who like to interact, are friendly and smiley; natural authenticity; and satisfactory service quality.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042103
Uncontrolled Keywords: citra destinasi, online destination image, vlog, travel vlog, promosi
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:53
Last Modified: 03 Oct 2024 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220901
[thumbnail of Dian Dhany Pamuji.pdf] Text
Dian Dhany Pamuji.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item