Penerapan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil, dan Menengah) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Nutri Prima 1

Mukminin, Zaid Amirul and San Rudiyanto, S.E., Ak., CA., MSA. (2023) Penerapan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil, dan Menengah) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Nutri Prima 1. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai penyusunan laporan keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) pada UMKM Nutri Prima 1 yang beralamat di Jalan Sadewa, Desa Wangun Harja, Kp. Bangkong Reang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan UMKM di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa UMKM Nutri Prima 1 belum mempunyai laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Pencatatan yang dilakukan hanya berupa pencatatan manual yaitu tulisan di sebuah buku yang hanya mencakup penjualan per hari nya saja, tanpa adanya pencatatan pengeluaran. Penelitian ini menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas, Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk UMKM Nutri Prima 1, yang terdiri dari Laporan Laba Rugi (L/R), Laporan Posisi Keuangan (Neraca), Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) untuk bulan Mei 2023.

English Abstract

This study explains the preparation of financial reports for Entity, Micro, Small, and Medium Financial Accounting Standards (SAK EMKM) for UMKM Nutri Prima 1 which is located at Jalan Sadewa, Desa Wangun Harja, Kp. Bangkong Reang. The purpose of this study is to determine the financial condition of MSMEs in the future. The research method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The sources used in this study are primary data and secondary data, while the data collection techniques used are in the form of observation, interviews, and documentation. The results of this study can conclude that UMKM Nutri Prima 1 does not yet have financial reports in accordance with the applicable Financial Accounting Standards (SAK). Recording is done only in the form of manual recording, namely writing in a book that only includes sales per day, without recording expenses. This research produces financial reports in accordance with SAK EMKM (Standard Financial Accounting for Entities, Micro, Small and Medium Enterprises) for UMKM Nutri Prima 1, which consists of a Profit and Loss Report (L/R), Statement of Financial Position (Balance Sheet), Notes on Financial Report (CALK) for May 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170624
Uncontrolled Keywords: SAK EMKM, Penyusunan Laporan Keuangan, dan UMKM-SAK EMKM, UMKM, and Preparation of Financial Statement
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:45
Last Modified: 10 Jun 2024 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220422
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zaid Amirul Mukminin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item