Strategi Keterbukaan Informasi Publik Pada Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pada Pt Asdp Indonesia Ferry Di Penyeberangan Ferry Ketapang-Gilimanuk Pada Masa Natal Dan Tahun Baru 2023)

Sukmagati, Bening and Prof. Dr. Sjamsiar Sjamsuddin and Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A. (2024) Strategi Keterbukaan Informasi Publik Pada Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pada Pt Asdp Indonesia Ferry Di Penyeberangan Ferry Ketapang-Gilimanuk Pada Masa Natal Dan Tahun Baru 2023). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, ada dua hari besar keagamaan yang dirayakan secara besar-besaran oleh masyarakat Indonesia, yaitu Lebaran dan Natal tahun baru. Selain libur lebaran, Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu musim liburan terbesar di Indonesia. Volume penumpang dan kendaraan pada masa nataru di berbagai Transportasi publik akan terjadi peningkatan yang signifikan, termasuk di transportasi penyebrangan ferry, khususnya di lintasan Ketapang-Gilimanuk. Volume penumpang dan kendaraan di masa libur Nataru, berdasarkan data historis, setiap tahunya terjadi peningkatan dan jumlahnya melebihi produksi pada hari-hari normal di kapal dan pelabuhan sehingga diperlukan penanganan dan pelayanan khusus dari PT ASDP Indonesia Ferry. PT ASDP Indonesia Ferry adalah BUMN yang berperan sebagai pengelola pelabuhan untuk menyediakan sarana dan Prasarana fasilitas umum pelabuhan bagi para pengguna jasa yang akan menyeberang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi keterbukaan informasi dalam pelayanan publik PT ASDP Indonesia Ferry pada transportasi publik penyeberangan ferry lintasan Ketapang-Gilimanuk pada masa Natal dan Tahun Baru 2023. Penelitian ini menggunakan teori Open Government menurut Global Integrity yang mencakup tiga pilar yakni transparansi informasi, keterlibatan publik dan akuntabilitas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data yang didapat adalah data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian dilakukan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ASDP sudah menerapkan transparansi informasi, akuntabilitas, dan keterlibatan publik yang baik. Hal ini dibuktikan dari pelayanan publik ketika masa Natal dan Tahun Baru 2023 di lintasan Ketapang-Gilimanuk yang berjalan dengan lancar. Meskipun masa nataru berjalan lancar, tetapi masih ada sedikit hambatan yaitu rendahnya kesadaran masyarakat terkait kepemilikan tiket sebelum memasuki pelabuhan. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan perbaikan terhadap pengelolaan informasi dan pelayanan publik PT ASDP Indonesia Ferry yang lebih baik lagi

English Abstract

In Indonesia, there are two religious holidays that are celebrated on a large scale by Indonesians, namely Lebaran and Christmas. In addition to Eid holidays, Christmas and New Year are one of the biggest holiday seasons in Indonesia. The volume of passengers and vehicles during the Nataru period in various public transportation will increase significantly, including in ferry transportation, especially on the Ketapang-Gilimanuk track. The volume of passengers and vehicles during the Nataru holiday, based on historical data, has increased every year and the number exceeds production on normal days on ships and ports so that special handling and services are needed from PT ASDP Indonesia Ferry. PT ASDP Indonesia Ferry is a BUMN that acts as a port manager to provide facilities and infrastructure for port public facilities for service users who will cross. The purpose of this study is to describe and analyze the information disclosure strategy in the public service of PT ASDP Indonesia Ferry on public transportation for the Ketapang-Gilimanuk ferry crossing during Christmas and New Year 2023. This research uses the theory of Open Government according to Global Integrity which includes three pillars namely information transparency, public involvement and accountability. The type of research used in this research is a qualitative method using case studies. The data sources obtained are primary data and secondary data. The research location was at Ketapang Port, Banyuwangi. Data collection techniques were carried out through interviews, observation and documentation. For data analysis techniques using interactive model analysis by Miles and Huberman. The results of the research show that ASDP has implemented good information transparency, accountability, and public involvement. This is evidenced by the public services during the Christmas and New Year 2023 periods at the Ketapang-Gilimanuk track which ran smoothly. Although the Nataru period went smoothly, there were still a few obstacles, namely low public awareness regarding ticket ownership before entering the port. The results of the study can be used as a reference for improvements to the better management of information and public services of PT ASDP Indonesia Ferry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030147
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan Informasi, Pelayanan Publik, Open Government, PT ASDP Indonesia Ferry
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:52
Last Modified: 21 Jun 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bening Sukmagati.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item