Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Niat Beli Makanan Lokal Di Omahsayur.Mq Malang

Nafis, Muhammad Syarifuddin and Ir. Edi Dwi Cahyono, M.Sc., Ph.D and Bayu Edi Kusuma, SP. MBA. (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Niat Beli Makanan Lokal Di Omahsayur.Mq Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin intensif menyebabkan masyarakat mulai mencari alternatif dalam memenuhi kebutuhannya di tengah kondisi new normal dengan memanfaatkan media internet. Media internet menjadi alat bantu yang cepat dan efisien sehingga seseorang tidak perlu harus mempunyai tempat dengan bentuk fisik atau mempromosikan produk penjualannya. Media sosial Instagram menjadi salah satu alat pemasaran para pelaku UMKM guna memasarkan berbagai macam jenis produk yang ditawarkan dengan konten yang menarik. Namun, penjualan makanan lokal secara online di Indonesia dapat dikatakan masih tergolong rendah dibanding belanja secara konvensional. Omahsayur.mq Malang merupakan salah satu UMKM yang menyediakan dan menjual makanan lokal yang meliputi sayuran segar, buah-buahan, pangan, jajanan, dan sebagainya secara online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin dan menganalisis pengaruh teknis media sosial Instagram yang mencakup kualitas informasi, kemudahan, dan kepercayaan terhadap niat beli makanan lokal di Omahsayur.mq Malang. Metode pengambilan sampel dengan non-propability sampling menggunakan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Lokasi penelitian yaitu di Omahsayur.mq Malang yang berlokasi di di. Jalan Watu Damar No.4, Ngambon, Girimoyo, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik ordinal untuk mengetahui pengaruh teknis media sosial Instagram terhadap niat beli konsumen di Omahsayur.mq Malang. Hasil penelitian ini adalah pada faktor demografis jenis kelamin, didapatkan hasil analisis berjenis kelamin laki-laki dengna jumlah responden sebanyak 32 responden dan berjenis perempuan sebanyak 68 responden. Hasil uji Wald variabel kualitas informasi memperoleh nilai positif sebesar 1,183, P – value sebesar 0,000 dengan odds ratio sebesar 3,26 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel kualitas informasi terhadap niat beli. Variabel kemudahan memperoleh nilai positif sebesar 1,474, P – value sebesar 0,000 dengan odds ratio sebesar 4,36 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel kemudahan terhadap niat beli. Variabel kepercayaan memperoleh nilai positif sebesar 1,042, P – value sebesar 0,002 dengan odds ratio sebesar 2,83 36 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel kepercayaan terhadap niat beli. Odds ratio pada variabel kemudahan sebesar 4,36 dimana kemudahan berpengaruh signifikan positif terhadap niat beli konsumen, peluang konsumen menggunakan media sosial instagram berdasarkan faktor kemudahan memiliki peluang 4,36 kali lebih tinggi mempunyai niat beli bahan makanan lokal secara online Berdasarkan hasil tersebut, faktor demografis jenis kelamin memiliki korelasi dengan niat beli konsumen dengan hasil analisis menunjukkan bahwa perempuan lebih tinggi dalam hal niat membeli, kenikmatan berbelanja, dan orientasi berbelanja dibanding laki-laki yang berarti perempuan lebih cenderung membeli sesuatu melalui internet ketika mereka memilih untuk berbelanja. Selain itu, faktor teknis yang mencakup kualitas informasi, kemudahan, dan kepercayaan menghasilkan nilai positif dan signifikan. Saran yang dapat diusulkan adalah diharapkan Omahsayur.mq Malang lebih memperhatikan dari kepercayaan konsumen mengingat banyaknya kasus penipuan dalam transaksi jual-beli secara online. Dengan memperhatikan pada kepercayaan konsumen, Omahsayur.mq Malang dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen serta meningkatkan kepuasan dalam berbelanja makanan lokal online

English Abstract

The increasingly intensive development of technology has caused people to start looking for alternatives to meet their food needs in the midst of new normal conditions by using the internet. Internet media is a fast and efficient tool so that someone does not need to have a physical place or promote their sales products. Instagram social media has become a marketing tool for UMKM players to market various types of products offered with interesting content. However, online sales of local food in Indonesia can be said to be still relatively low compared to conventional shopping. People are busy with all their activities and cannot find time to fulfill their needs. Omahsayur.mq Malang is one of the UMKM that provides and sells local food which includes fresh vegetables, fruit, food, snacks, and so on online and offline. This research aims to describe the characteristics of respondents based on gender and analyze the technical influence of Instagram social media which includes information quality, convenience and trust on the intention to buy local food at Omahsayur.mq Malang. The sampling method was non-probability sampling using a convenience sampling technique with a sample size of 100 respondents. The research location is at Omahsayur.mq Malang which is located at. Jalan Watu Damar No.4, Ngambon, Girimoyo, Kec. Karang Ploso, Malang Regency, East Java. The analytical method used is descriptive statistical analysis and ordinal logistic regression analysis to determine the technical influence of Instagram social media on consumer purchasing intentions at Omahsayur.mq Malang. The results of this research are on the demographic factor of gender, the results of the analysis were male with 32 respondents and 68 female respondents. The Wald test results for the information quality variable obtained a positive value of 1.183, P - value of 0.000 with an odds ratio of 3.26, which means that there is an influence between the information quality variable on purchase intention. The convenience variable obtained a positive value of 1.474, P - value of 0.000 with an odds ratio of 4.36, which means that there is an influence between the convenience variable and purchase intention. The trust variable obtained a positive value of 1.042, P - value of 0.002 with an odds ratio of 2.83 36, which means that there is an influence between the trust variable and purchase intention. The odds ratio for the convenience variable is 4.36, where convenience has a significant positive effect on consumer purchasing intentions. The opportunity for consumers to use Instagram social media based on the convenience factor has a 4.36 times higher chance of having the intention to buy local food online. Based on these results, the demographic factor gender has a correlation with consumer purchase intentions with the analysis results showing that women are higher in terms of purchase intention, shopping enjoyment, and shopping orientation than men, which means that women are more likely to buy something via the internet when they choose to shop. Apart from that, technical factors which include information quality, convenience and trust produce positive and significant values. The suggestion that can be proposed is that it is hoped that Omahsayur.mq Malang will pay more attention to consumer trust considering the many cases of fraud in online buying and selling transactions. By paying attention to consumer trust, Omahsayur.mq Malang can build stronger relationships with consumers and increase satisfaction in shopping for local food online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040229
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:47
Last Modified: 19 Jun 2024 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/220125
[thumbnail of DALAM MASA EMABRGO] Text (DALAM MASA EMABRGO)
Muhammad Syarifuddin Nafis.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item