Pengujian Keragaman Tumbuh dan Respon Defoliasi (Regrowth) Tanaman Pakan Kalopo (Calopogonium mucunoides) Plasma Nutfah Lokal Probolinggo

Igfirly, Keyla Octavira Rusyda and Ir. Hanief Eko Sulistyo, M.P (2024) Pengujian Keragaman Tumbuh dan Respon Defoliasi (Regrowth) Tanaman Pakan Kalopo (Calopogonium mucunoides) Plasma Nutfah Lokal Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman kalopo (Calopogonium mucunoides) merupakan salah satu leguminosa yang dapat dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak sumber protein. Tanaman kalopo memiliki kemampuan untuk berkembang dengan baik di beragam jenis tanah, mulai dari tanah yang subur hingga tanah yang tidak terlalu kering, serta tanah berpasir dan tanah liat yang padat, sehingga diharapkan dapat tumbuh dengan baik pada berbagai kondisi lingkungan. Kemampuan daya tumbuh kembali setelah defoliasi cukup cepat dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hijauan untuk memenuhi kebutuhan hijauan pakan ternak. Penelitian ini dilaksanakan di Agrotechnopark Universitas Brawijaya dengan alamat Jalan Jatikerto, Seloekiti, Kec. Kromengan, Kab. Malang dari tanggal 5 Agustus hingga 4 Oktober 2023. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui keragaman dan kemampuan tumbuh kembali pasca defoliasi pada beberapa parameter sifat tumbuh seperti berat daun, berat batang, berat tanaman, panjang batang, jumlah cabang, jumlah daun dan diameter batang. Materi Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tanaman kalopo dari plasma nutfah lokal Probolinggo, dilakukan penyulaman, penyiraman setiap hari untuk pemeliharaan, defoliasi pada umur 60 hari setelah tanam, dan pemanenan pada umur 60 dan 90 hari setelah tanam. Penelitian ini menggunakan metode percobaan (eksperimen lapang) dengan bentuk Rancangan Petak Tunggal dimana perlakuan tanaman kalopo (Calopogonium mucunoides) lokal Probolinggo yang ditanam pada plot membentuk sebuah populasi dengan jumlah individu 86 tanaman. Analisis data dilaksanakan dengan mengolah tujuh parameter sifat tumbuh tanaman kalopo untuk dianalisis ragam dan standar deviasinya menggunakan aplikasi Microsoft excell dan Minitab 19 guna menentukan luas sempitnya keragaman pada parameter tumbuh. Hasil dari penelitian ini adalah ketujuh parameter tumbuh tanaman kalopo masing masing memiliki kriteria keragaman luas. Diketahui bahwa nilai ragam pada umur 90 hst beberapa parameter lebih besar dua kali dari standar deviasinya. Pada parameter panjang batang diketahui ragam tinggi batang 34653,05 > 372,31; jumlah daun 354,10 > 37,63; jumlah cabang 3,61 < 3,80; berat batang 93,18 > 19,31; berat daun 66,48 > 16,31; berat tanaman 282,68 > 33,63 dan diameter batang 2,16 < 2,94 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanaman kalopo (Calopogonium mucunoides) plasma nutfah lokal Probolinggo memiliki kriteria sebagai materi seleksi dan perbaikan genetik tanaman. Saran penulis untuk penelitian ini yaitu perlu dikembangan lebih lanjut ke tahap seleksi guna memperoleh individu produksi optimal dengan tujuan dikembangkan sebagai tanaman budidaya hijauan pakan ternak yang dapat memenuhi kebutuhan hijauan pakan ternak.

English Abstract

This study aimed to determine the diversity of growth parameters in 128 individuals of local germ plasm calopo (Calopogonium mucunoides) of Probolinggo which included leaf mass, stem mass, plant mass, stem length, number of leaves, number of branches, and stem diameter on day 30 after planting, Defoliation I, and Defoliation II. The research activity was carried out at the Agrotechnopark of Universitas Brawijaya which was carried out on 5 August to 4 October 2023. This research method was an experimental in a modified Single Plot Design consisting treatment of local germ plasm calopo of Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050348
Uncontrolled Keywords: Calopogonium mucunoides, Diversity, Forage, Legume, Genotype, Germ Plasm
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:59
Last Modified: 11 Jun 2024 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219899
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Keyla Octavira Rusyda Igfirly.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item