Pengaruh Penggunaan Adsorben Arang Batok Kelapa Terhadap Kemurnian Gas Bio Kotoran Ayam

Rizal, Anggi and Dr. Ir. Ita Wahju Nursita, M.Sc (2024) Pengaruh Penggunaan Adsorben Arang Batok Kelapa Terhadap Kemurnian Gas Bio Kotoran Ayam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan energi pada saat ini terus mengalami peningkatan dengan penggunaan energi paling banyak menggunakan energi tidak terbarukan. Kelangkaan energi yang akan terjadi perlu adanya solusi yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Penggunaan energi alternatif merupakan solusi yang tepat untuk menggantikan energi tidak terbarukan. Energi alternatif yang banyak ditemukan di Indonesia adalah limbah dari kotoran ternak yang ada. Kotoran ternak yang saat ini memiliki jumlah yang cukup melimpah dan dapat diperbaharui dengan cukup cepat ini memungkinkan untuk dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Penggunaan energi alternatif merupakan solusi yang tepat untuk menggantikan energi tidak terbarukan. Kandungan CO2 pada gas bio yang menyebabkan hal ini terjadi karena akan menimbulkan dampak kurangnya konsentrasi CH4 yang berpengaruh pada kualitas energi yang dihasilkan. Peningkatan gas bio perlu dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan kandungan gas metan (CH4) dan menurunkan kandungan gas pengotor seperti karbon dioksida (CO2) yang ada dalam kandungan gas bio tersebut. Proses pemurnian menggunakan metode adsorbsi menggunakan padatan berupa arang batok kelapa. Penggunaan arang batok kelapa pada penelitian ini karena batok kelapa memiliki pori-pori yang lebih luas dibandingkan dengan jenis arang-arang yang lain. Materi penelitian yang digunakan adalah unit biodigester Bapak Samsi yang terletak di Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Arang batok kelapa diperoleh di Pasar Blimbing Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu; P0: Kontrol (gas bio tanpa adsorben); P1: Gas bio dengan adsorben arang batok kelapa 100 gram; P2: Gas bio dengan adsorben arang batok kelapa 150 gram; P3: Gas bio dengan adsorben arang batok kelapa 200 gram; P4: Gas bio dengan adsorben arang batok kelapa 250 gram. Data dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance), apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan uji JND (Jarak Nyata Duncan).

English Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of coconut shell charcoal as an adsorbent on the quality of biogas produced. This study was designed using the method of Completely Randomized Design (CRD) with 4 replicates and 5 treatments namely, T0: Control of biogas (biogas without using adsorbents), T1: Biogas with 100 gram coconut shell charcoal adsorbent, T2: Biogas with 150 gram coconut shell charcoal adsorbent, T3: Bio gas with 200 gram coconut shell charcoal adsorbent and T4: Biogas with 250 gram coconut shell charcoal adsorbent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050335
Uncontrolled Keywords: adsorbent, coconut shell charcoal, biogas
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:53
Last Modified: 06 Jun 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/219854
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANGGI RIZAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item